Kamis 28 Dec 2023 10:48 WIB

Arsenal Diterpa Badai Cedera, Mikel Arteta Siap Jor-Joran di Bursa Transfer Januari

Arteta tak ingin Arsenal kehilangan momentum di papan atas klasemen.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Arsenal Mikel Arteta memberikan instruksi saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Arsenal FC dan Brighton & Hove Albion, di London, Inggris, Ahad (17/12/2023). Pada pertandingan itu Arsenal menang 2-0. Gol Arsenal dicetak Kai Havertz dan Gabriel Jesus.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Pelatih Arsenal Mikel Arteta memberikan instruksi saat pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Arsenal FC dan Brighton & Hove Albion, di London, Inggris, Ahad (17/12/2023). Pada pertandingan itu Arsenal menang 2-0. Gol Arsenal dicetak Kai Havertz dan Gabriel Jesus.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mikel Arteta mengatakan Arsenal akan bersiap memasuki bursa transfer bulan depan karena para pengambil keputusan klub sedang berupaya menyelesaikan daftar target potensial mereka. Arteta yakin skuadnya saat ini terekspos karena masalah cedera dan menyatakan bahwa pemulihan para pemain yang absen tersebut dapat menentukan aktivitas transfer Arsenal di bulan Januari.

Arsenal – yang bisa melampaui Liverpool di puncak klasemen dengan kemenangan atas West Ham malam nanti – saat ini tidak diperkuat bek serba bisa Takehiro Tomiyasu dan Jurrien Timber, sementara gelandang kunci Thomas Partey juga masih absen. Tomiyasu akan mewakili Jepang di Piala Asia mendatang, sementara Partey diperkirakan akan berada di Piala Afrika bersama Ghana.

Baca Juga

Cedera ini membuat Arsenal kekurangan posisi bertahan, meski keuangan mereka terbatas setelah mereka mengeluarkan dana besar-besaran di musim panas sebesar lebih dari 200 juta poundsterling untuk membeli Declan Rice, Kai Havertz, dan Timber.

Sebab itu, Arsenal mungkin harus menunggu tawaran untuk pemain-pemain pinggiran mereka sebelum dapat merekrut pemain baru lainnya. "Saat ini sangat sulit. (Materi pemain) kami sangat tipis. Kami memiliki posisi yang sangat terbuka selama enam minggu terakhir dan mudah-mudahan kami bisa mendapatkan pemain kembali," kata Arteta dilansir dari Irish Independent, Kamis (28/12/2023).

Namun Arteta belum bisa memastikan hal itu karena mereka masih memiliki beberapa pemain yang mengalami cedera jangka panjang sehingga harus berpikir panjang. "Kami punya target tertentu, ide jika itu terjadi. Selain itu, kami tidak tahu bagaimana penampilan skuad dalam dua minggu – dan Anda harus selalu bersiap untuk itu," kata dia.

Menurutnya ini pasar yang sangat rumit dan berubah dengan sangat cepat. Dan ini juga tidak dapat diprediksi. Pihaknya akan bersiap dan mencoba mengambil keputusan yang tepat. "Jika ada sesuatu yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan skuad dan ada kebutuhan, dan kami tidak dapat memenuhinya dengan pemain di sini, kami akan selalu terbuka untuk melakukan itu karena kami ingin menjadi lebih kuat," ujarnya. 

Arsenal berinvestasi besar-besaran pada Januari tahun lalu, mengontrak Leandro Trossard, Jakub Kiwior, dan Jorginho dengan biaya gabungan lebih dari 50 juta poundsterling. Namun, secara historis, mereka tidak aktif pada periode musim dingin, karena ini bukan waktu terbaik untuk menemukan nilai di pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement