Kamis 28 Dec 2023 12:51 WIB

Resmi Jadi WNI, Bek Klub Eropa Ini tak Sabar Bermain untuk Timnas Indonesia

Usai mengambil sumpah, Jay mengaku sangat bersemangat dan senang.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes telah menjalani proses sumpah dan janji setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023).
Foto: Republika/Afrizal
Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes telah menjalani proses sumpah dan janji setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes telah merampungkan proses naturalisasi dan mengambil sumpah setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023). Pemain berusia 23 tahun itu mengaku tak sabar untuk bermain bersama timnas Indonesia. 

Usai mengambil sumpah, Jay mengaku sangat bersemangat dan senang telah resmi menjadi WNI. "Kami telah menyelesaikan semuanya dan sekarang kami dapat menantikannya (bermain untuk timnas Indonesia)," kata Jay Idzes kepada awak media, Kamis (28/12/2023).

Baca Juga

Setelah resmi menjadi WNI, selanjutnya Jay akan mengurus kartu tanda penduduk dan paspor Indonesia. Setelah itu PSSI akan mengajukan permohonan pemindahan federasi dari KNVB ke PSSI sebagai proses akhir. Setelah semuanya rampung, Jay baru bisa membela tim Merah Putih. 

Ia berharap bisa segera bermain untuk timnas Indonesia. "Saya hanya ingin bermain sesegera mungkin bergabung dengan tim dan setelah sekarang kami harus melihat apa yang akan kami lakukan tetapi saya sangat senang bisa berada di sini," kata dia.

Dengan ini, bek di klub Serie B Italia Venezia itu siap membela timnas Indonesia dan diharapkan bisa meningkatkan level timnas Indonesia di kancah internasional.  Adapun ajang terdekat yang akan dilakoni timnas Indonesia adalah Piala Asia 2023 yang akan digelar pada Januari 2024. 

Namun, Idzes tampaknya tak bisa membela timnas Indonesia di ajang tersebut karena PSSI sebelumnya sudah mendaftarkan nama pemain saat Idzes belum resmi menjadi WNI. Kendati demikian, Jay berpeluang tampil melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret 2024.

Jay merupakan pemain ketujuh yang dinaturalisasi di era kepelatihan Shin Tae Yong. Sebelumnya ada Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement