Kamis 28 Dec 2023 13:24 WIB

Bikin Bangga, Ini Alasan Bang Jay Lebih Pilih Timnas Indonesia daripada Perkuat Belanda

Bang Jay saat ini membela klub Serie B Italia, Venezia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes. Jay kini sudah menjadi WNI.
Foto: Dok. PSSI
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes. Jay kini sudah menjadi WNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain keturunan asal Belanda Jay Idzes telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah setia WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023). Pemain berusia 23 tahun itu pun mengungkapkan alasan rela melepas status kewarganegaraan Belanda dan memilih untuk menjadi WNI.

Bang Jay, demikian sapaan rekan-rekan media kepadanya, merupakan salah satu pemain yang diproyeksikan oleh pelatih Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia. Pemain yang saat ini membela klub Serie B Italia, Venezia pun menyambut baik tawaran tersebut dan rela berpindah kewarganegaraan. Ia tanpa ragu mengambil keputusan besar tersebut, meskipin pemain muda itu masih memiliki perjalanan karier yang panjang di masa depan. 

Baca Juga

Namun, ia mengaku punya kebanggaan tersendiri jika bisa membela tanah kelahiran nenek moyangnya. "Karena merupakan suatu kehormatan besar bagi saya untuk mewakili negara dan keluarga saya karena kakek dan nenek saya berasal dari Indonesia dan mereka pergi ke Belanda, dahulu kala. Jadi merupakan suatu kehormatan besar bagi saya untuk mewakili keluarga saya dan Indonesia," kata Jay kepada awak media, Kamis (28/12/2023).

Setelah pengambilan sumpah setia, selanjutnya Jay akan mengurus kartu tanda penduduk dan paspor Indonesia. Setelah itu PSSI akan mengajukan permohonan pemindahan federasi dari KNVB ke PSSI sebagai proses akhir. Setelah semuanya rampung, Jay baru bisa membela tim Merah Putih. 

Jay diprediksi akan melakoni debut bersama Timnas Indonesia saat melawan Vietnam pada babak Kualifikasi Piala Asia 2026 zona Asia pada Maret mendatang. Jay merupakan pemain ketujuh yang dinaturalisasi di era kepelatihan Shin Tae Yong. Sebelumnya ada Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. 

Ia mengaku tak sabar untuk segera membela timnas Indonesia. "Saya hanya ingin bermain sesegera mungkin bergabung dengan tim dan setelah sekarang kami harus melihat apa yang akan kami lakukan tetapi saya sangat senang bisa berada di sini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement