Jumat 29 Dec 2023 15:37 WIB

Hari Ini, 10 Tahun Berlalu Kecelakaan Ski Sang Legenda Michael Schumacher

Kondisi Schumi pun masih misterius.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Topi bertuliskan ucapan semangat untuk legenda F1 Michael Schumacher. Hari ini, 29 Desember menandai 10 tahun sejak kecelakaan ski Michael Schumacher.
Foto: Reuters/Ina Fassbender
Topi bertuliskan ucapan semangat untuk legenda F1 Michael Schumacher. Hari ini, 29 Desember menandai 10 tahun sejak kecelakaan ski Michael Schumacher.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini, 29 Desember menandai 10 tahun sejak kecelakaan ski Michael Schumacher. Setiap tahun komunitas Formula 1 berhenti sejenak untuk merenungkan tentang pembalap terhebat yang pernah ada, yang menderita cedera yang mengubah hidup dalam insiden satu dekade lalu.

Setahun setelah pensiun dari F1, setelah tiga tahun bertugas di Mercedes, Schumacher bermain ski di Meribel, di Pegunungan Alpen Prancis. Ia terjatuh dan mengalami luka parah di kepala, meski memakai helm. Schumacher dirawat di rumah sakit, dioperasi, dan mengalami koma yang diinduksi secara medis.

Baca Juga

Pada musim panas berikutnya, dipastikan bahwa dia tidak lagi koma, dan dia kembali ke rumah keluarganya, tetapi kondisi terkininya dijaga seminimal mungkin. Dan hingga kini, legenda F1 itu tetap tinggal di rumah keluarganya di Swiss. Dia belum pernah terlihat di depan umum sejak kecelakaannya satu dekade lalu.

"Tentu saja, saya merindukan Michael setiap hari. Namun bukan hanya saya yang merindukannya: anak-anak, keluarga, ayahnya, semua orang di sekitarnya. Semua orang merindukan Michael, tapi Michael ada di sini. [Ini] berbeda, tapi dia ada di sini, dan itu memberi kami kekuatan, menurut saya," kata istrinya Corinna dalam acara spesial Netflix tahun 2021, dilansir Crash.net, Jumat (29/12/2023).

Jean Todt, mantan bos Ferrari yang tetap menjadi teman dekat keluarga Schumacher, adalah satu dari sedikit orang yang diizinkan mengunjunginya. "Saya bisa memahami mengapa keluarga dan teman-temannya melindunginya karena kita harus membiarkannya dalam damai," kata Todt.

Ia mengungkapkan bahwa Michael sedang berjuang dan semua orang hanya bisa berharap agar dia mengalami perkembangan. Sementara Felix Damm, pengacara Schumacher, baru-baru ini menjelaskan mengapa tidak ada laporan akhir yang dipublikasikan tentang kesehatannya setelah kecelakaan itu.

"Ini selalu tentang melindungi hal-hal pribadi. Kami mempertimbangkan apakah laporan akhir tentang kesehatan Michael bisa menjadi cara yang tepat untuk melakukan hal ini," kata Damm.

Pada 3 Januari 2024 yang akan datang, Schumacher akan berusia 55 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement