Ahad 31 Dec 2023 23:04 WIB

Sempat Unggul Cepat, Arsenal Tumbang di Kandang Fulham

Fulham mengalahkan Arsenal 2-1 setelah kebiobolan gol cepat pada menit kelima.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Fulham Bobby De Cordova-Reid (kiri) merayakan gol ke gawang Arsenal dalam lanjutran Liga Primer Inggris di Craven Cottage, London, Ahad (31/12/2023).
Foto: AP Photo/Alastair Grant
Pemain Fulham Bobby De Cordova-Reid (kiri) merayakan gol ke gawang Arsenal dalam lanjutran Liga Primer Inggris di Craven Cottage, London, Ahad (31/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsenal kembali gagal meraih poin saat bertandang ke markas Fulham pada laga lanjutan pekan ke-20 Liga Primer Inggris di Stadion Craven Cottage, Ahad (31/12/2023) malam WIB. Tim tuan rumah yang sempat tertinggal berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Hasil ini membuat Arsenal tidak bergerak di peringkat keempat klasemen sementara dengan 40 poin. Ini sebuah kemunduran saat mereka membutuhkan poin penuh untuk merebut kembali posisi puncak dari Liverpool yang unggul dua poin. Arsenal justru menelan dua kekalahan beruntun dalam jadwal padat akhir tahun Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Jalannya laga

Arsenal langsung menggebrak sejak awal. The Gunners hampir memecah kebuntuan dengan cepat pada menit ketiga. Usai mengalihkan perhatian Robinson di sisi kanan area Fulham, kapten Arsenal Martin Odegaard membuka ruang untuk menembak dari dalam kotak. Namun, tendangannya masih melebar dari sasaran. 

Saka membawa Gunners unggul dengan cepat. Berawal dari keberhasilan Arsenal mematahkan serangan Fulham, kiper David Raya menggulirkan bola dengan cepat ke beknya dan diteruskan ke Gabriel Martinelli.

Martinelli berakselerasi dari sisi kiri untuk kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola berhasil diselamatkan oleh Bernd Leno, tapi pantulannya mengarah ke Saka di depan gawang untuk membuka keunggulan tim tamu. Skor 1-0 untuk Arsenal.

Peluang dimiliki Fulham pada menit ke-14. Itu menjadi tembakan tepat sasaran pertama bagi Fulham yang dilakukan oleh Jimenez setelah Robinson memberikan umpan silang mendatar dari sayap kiri ke arah rekan satu timnya. Namun kiper Arsenal David Raya berhasil melakukan penyelamatan penting.

Fulham menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Jimenez akhirnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Arsenal setelah menyelesaikan umpan silang mendatar dari Cairney. 

Pada menit ke-42, Martinelli gagal membawa Arsenal kembali unggul. Rice dan Odegaard bekerja sama di sisi kanan kotak, sebelum pemain sayap Brasil itu melakukan penyelesaian first-time. Sayang, bola meleset tipis dari tiang kiri.

Pada babak kedua, Arteta melakukan pergantian pemain. Ia memasukkan bek Tomiyasu dimasukkan menggantikan Kiwior, yang sepertinya tidak berjalan sesuai harapan. 

Fulham berhasil membalikkan keadaan pada menit ke-59. Gol diciptakan oleh Bobby De Cordova-Reid dengan tembakan keras ke gawang setelah Rice gagal menyapu bola dengan sundulannya menyusul tendangan sudut Willian. Bola memantul sebelum mendarat di kaki De Cordova-Reid. Dia tidak menyiakan peluang untuk membawa the Cottagers unggul 2-1.

Raya menjaga permainan tetap hidup bagi Arsenal saat ia melakukan penyelamatan penting pada menit ke-71. Ia melompat ke kiri, menepis boal percobaan keras dari Cairney.

Percobaan Fulham pada menit ke-88 membentur tiang gawang. Andreas Pereira melepaskan tendangan bebas tak jauh dari luar kotak penalti. Bola melengkung melewati pagar, tapi hanya membentur mistar gawang. 

Arsenal berusaha mencari gol setidaknya untuk menyamakan skor, tapi kesulitan membongkar pertahanan tuan rumah. The Gunners akhirnya harus pulang dengan tangan hampa dari laga derby London ini.

Bagi Fulham, kemenangan ini menempatkan mereka di posisi 13 dengan nilai 24.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement