Selasa 02 Jan 2024 13:56 WIB

Alasan Shie Tae-yong Pilih Libya Sebagai Lawan 'Sparring' Timnas Indonesia

Uji coba melawan Libya sebagai bagian dari persiapan menghadapi Piala Asia 2023.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong (kanan) saat melawan Palestina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong (kanan) saat melawan Palestina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong berbicara jelang uji coba perdana antara skuadnya kontra Libya. Duel tersebut berlangsung di Stadion Titanic Mardan, Turki, Selasa (2/1/2023) malam WIB.

STY mengakui laga ini menjadi panggung untuk melihat seberapa jauh mereka telah melangkah. Ada agenda besar di depan mata. Pasukan Garuda menuju Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Januari 2024.

Baca Juga

"Jadi (melalui uji coba ini) kami bisa kontrol kondisi pemain. Fokus kami yang pertama memang di Piala Asia. Jadi segala sesuatunya akan difokuskan ke situ," kata juru taktik asal Korea Selatan itu, dikutip dari laman resmi PSSI.

Tiga hari berselang, Indonesia bakal menghadapi lawan yang sama. Setelahnya pasukan Garuda jumpa Iran. Duel antara awak merah putih kontra salah satu Raksasa Asia itu dijadwalkan berlangsung di Qatar.

Sejak penghujung bulan lalu, pasukan Garuda melakukan pemusatan latihan. Saatnya mereka mengukur bagaimana peningkatan kualitas tim. Kebetulan, calon lawan, berada di peringkat ke-120 FIFA. 

Sedikit lebih baik dari Indonesia yang masih tertahan di urutan ke-146. Tantangan nyata untuk Rizky Ridho dan rekan-rekan. STY memanggil 28 pemain. Baru 25 yang sudah bergabung. Tiga lainnya masih fokus bersama klub.

Ada Elkan Baggott, Justin Hubner, Sandy Walsh. Jadi duel di depan mata, sudah pasti tidak diperkuat Elkan dkk. Shayne Pattynama juga dipastikan absen. Pattynama mendadak pulang ke Belanda karena urusan keluarga. STY tetap memiliki amunisi yang cukup untuk diturunkan.

Laga yang sangat penting bagi Indonesia. Agenda besar menanti mereka. Partai ini sekaligus hiburan bagi penggemar di tanah air.

Bagaimana cara menyaksikan pertandingannya? Pertama melalui siaran langsung di Indosiar. Kedua lewat layanan streaming vidio.com.

Secara teknis, sudah pasti, ada banyak hal yang menjadi target STY lewat duel ini. Bukan sekadar perkara hasil akhir. Lebih dari itu, ia ingin melihat seberapa akurat pasukanya melakukan berbagai komposisi operan.

Terutama operan jarak dekat, alias umpan-umpan pendek. Itu menjadi fokus latihan mereka selama ini. Apa pun hasilnya, berguna sebagai bahan evaluasi.

Piala Asia 2023 berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, serta Vietnam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement