Selasa 02 Jan 2024 14:21 WIB

Shin Tae-yong Luruskan Soal Kondisi Pemainnya yang Tiba-Tiba Tinggalkan TC Timnas

Kondisi ibu sang pemain dikabarkan sudah baik-baik saja.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Shayne Pattynama (tengah) selepas resmi jadi WNI.
Foto: Dok Kantor Wilayah Kemenkumham Jakarta
Shayne Pattynama (tengah) selepas resmi jadi WNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong menjelaskan situasi terkini Shayne Pattynama. STY sempat memasukkan bek kiri tersebut ke dalam skuad Garuda yang akan beruji coba melawan Libya, beberapa jam lagi.

Duel ini berlangsung di Stadion Titanic Mardan, Turki, Selasa (2/1/2023) malam WIB. Namun di menit-menit terakhir, Pattynama terpaksa pulang ke Belanda. Ibunya dalam keadaan sakit.

Baca Juga

STY memahami apa yang terjadi. Namun, sang pemain tidak berlama-lama di negeri kincir angin. Apalagi setelah diketahui, kesehatan orang tua jebolan akademi Utrecht itu terus membaik.

"Shayne sudah mengabarkan ibunya tidak apa-apa. Jadi dia akan kembali secepatnya," kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi klubnya. 

Tiga hari berselang, Indonesia jumpa lawan yang sama. Setelahnya pasukan Garuda bertemu Iran. Pertemuan antara awak merah putih kontra Raksasa Asia itu bakal berlangsung di Qatar. Artinya, Pattynama berpotensi turun di dua uji coba berikutnya.

Tiga laga ini, bagian dari persiapan awak merah putih menuju Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Januari 2024. Sejak penghujung bulan lalu, skuad polesan Shi Tae-yong melakukan pemusatan latihan. 

Saatnya mereka mengukur bagaimana peningkatan kualitas tim. Kebetulan, calon lawan, berada di peringkat ke-120 FIFA. Sedikit lebih baik dari Indonesia yang masih tertahan di urutan ke-146.

Tantangan nyata untuk Rizky Ridho dan rekan-rekan. Laga ini sangat penting bagi Pasukan Garuda. Agenda besar menanti mereka. Partai yang sekaligus menjadi hiburan bagi penggemar di tanah air.

Secara teknis, sudah pasti, ada banyak hal yang menjadi target STY lewat duel ini. Bukan sekadar perkara hasil akhir. Lebih dari itu, ia ingin melihat seberapa akurat pasukannya melakukan berbagai komposisi operan.

Terutama operan jarak dekat, alias umpan-umpan pendek. Itu menjadi fokus latihan mereka selama ini. Apa pun hasilnya, berguna sebagai bahan evaluasi.

Piala Asia 2023 berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, serta Vietnam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement