Rabu 03 Jan 2024 08:56 WIB

Pioli Puji Kinerja dan Mentalitas Pemain Muda Milan Usai Menang di Coppa Italia

Pioli memainkan sejumlah pemain muda dalam kemenangan Milan 4-1 atas Cagliari.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Penyerang AC Milan Luka Jovic melakukan selebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola Coppa Italia antara AC Milan dan Cagliari Calcio, di Milan, Italia,  Rabu (3/1/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/DANIEL DAL ZENNARO
Penyerang AC Milan Luka Jovic melakukan selebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola Coppa Italia antara AC Milan dan Cagliari Calcio, di Milan, Italia, Rabu (3/1/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Pelatih AC Milan Stefano Pioli memuji para pemain muda di timnya saat bertemu Cagliari pada babak 16 besar Coppa Italia musim 2023/2024. I Rossoneri unggul 4-1 atas Gli Isolani di Stadion San Siro, Milan, Rabu (3/1/2023) dini hari WIB.

Pioli melakukan rotasi. Sejumlah pemain yang biasanya menghuni bangku cadangan diturunkan sejak awal. Salah satunya kiper Antonio Mirante. Ia juga memainkan sederet pemain muda, antara lain Jan-Carlo Simic, Alex Jimenez, serta Chaka Traore.

Baca Juga

Tuan rumah bermain sangat agresif meskipun ada rotasi ini. Il Diavaolo unggul dari segala arah.

Penguasaan bola Milan mencapai 62 persen. Sisanya milik kubu tamu. Rossoneri melepaskan total 14 tembakan, tujuh di antaranya tepat sasaran dan berbuah empat gol. 

Cagliari juga beberapa kali menebar ancaman. Tercatat skuad polesan Claudio Ranieri membuat tiga percobaan on target yang menghasilkan satu gol.

Setelah pertandingan, Pioli menyatakan, yang terjadi bukan berarti di luar ekspektasi. Siapa pun yang diturunkannya tak mengubah target Milan.

Menurut Pioli, mereka tidak sedang berspekulasi, tapi menginginkan kemenangan. Hasil positif yang diraih terasa luar biasa karena banyak anak muda berandil besar di dalamnya.

"Tentu saja, beberapa pemain sedikit gugup pada awalnya. Namun setelah kami mencairkan suasana, segalanya menjadi lebih mudah. Anak-anak ini punya kualitas, bakat, tapi yang terpenting, sikap luar biasa yang harus mereka pertahankan," kata dia dikutip dari Football Italia.

Menurut dia, ini tidak bisa dianggap remeh. Terkadang lebih mudah melatih pemain muda dibandingkan yang lebih tua, tapi terkadang yang terjadi sebaliknya.

"Namun sikap mereka menunjukkan akademi muda Milan bekerja dengan sangat baik," kata Pioli menegaskan.

Ia menegaskan, situasi ini sangat penting bagi tim. Para pemain muda membuktikan diri sebagai alternatif yang bisa membantu klub saat diperlukan.

Menurut Pioli, keputusannya bukan semata-mata ingin memberi jam terbang bagi jebolan akademi klub, melainkan lebih pada kebutuhan. Sebab, sejumlah penggawa senior Il Diavolo tidak dalam kondisi terbaik.

Perlahan tapi pasti Milan mempertahankan tren positif. Theo Hernandez dan rekan-rekan tak terkalahkan dalam lima partai terakhir di berbagai ajang. Sebanyak empat di antaranya berujung kemenangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement