Kamis 04 Jan 2024 10:15 WIB

Ungguli Haaland, Lukaku Pencetak Gol Internasional Terbanyak pada 2023

Lukaku mencetak 22 gol di kompetisi antarklub Eropa dan tim nasional.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang AS Roma Romelu Lukaku
Foto: AP Photo/Alessandra Tarantino
Penyerang AS Roma Romelu Lukaku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Striker AS Roma, Romelu Lukaku, dinobatkan sebagai pencetak gol internasional terbaik tahun 2023 oleh Federasi Sejarah dan Statistik Sepak Bola Internasional (IFFHS). Statistiknya lebih baik daripada bintang Manchester City Erling Haaland.

IFFHS menghitung tidak ada yang mencetak lebih banyak gol internasional di level klub dan tim nasional sepanjang tahun kalender 2023 daripada Lukaku.

Baca Juga

Meskipun ia dimiliki oleh Chelsea, tujuh gol tersebut dicetak selama masa peminjamannya, pertama di Inter dan kemudian Roma di Liga Champions dan Liga Europa.

Haaland mencetak 12 gol dalam periode yang sama untuk Manchester City, tetapi di tim nasional Lukaku lebih unggul. Pemain Belgia itu mencetak 15 gol pada 2023 untuk negaranya, sedangkan Haaland dari Norwegia hanya menyumbangkan enam gol.

Hal tersebut pada akhirnya membuat Lukaku berada di posisi teratas dengan 22 gol, dibandingkan dengan 18 gol milik Haaland.

Selanjutnya dalam daftar adalah Mehdi Taremi, yang mencetak dua gol untuk FC Porto dan 12 gol untuk Iran.

Ini kedua kalinya Lukaku memenangkan penghargaan IFFHS ini, setelah 16 gol internasional untuk klub dan negara pada 2020. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement