Jumat 05 Jan 2024 20:58 WIB

Babak Pertama, Timnas Indonesia Tertinggal 1-2 dari Libya

Timnas Indonesia sempat unggul lebih dulu lewat Yakob Sayuri.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Laga uji coba timnas Indonesia vs Libya.
Foto: dok PSSI
Laga uji coba timnas Indonesia vs Libya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia sempat unggul saat menghadapi Libya pada laga uji coba kedua di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Jumat (5/1/2024) malam WIB. Namun, keunggulan tak bertahan lama sebelum Libya menyamakan kedudukan dan membalikkan keadaan menjadi 2-1 pada paruh pertama. 

Libya menekan sejak menit awal pertandingan. Mereka langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Indonesia.

Baca Juga

Elkan Baggott melakukan kesalahan saat melanggar Tubal di menit kedua, hanya dua meter di luar kotak penalti. Beruntung tendangan langsung oleh Ekrawa berhasil diblokir oleh Ernando. 

Pada menit keenam, Indonesia memimpin melalui tembakan Yakob Sayuri. Berawal dari umpan tarik Ivar Jenner di sisi kanan, bola diselesaikan dengan apik oleh Yakob yang berdiri bebas. Tembakan kaki kanan berhasil menggetarkan gawang Libya. Skor 1-0 untuk Indonesia. 

Namun Libya dengan cepat menyamakan kedudukan pada menit kesembilan. Justin terlambat bereksi untuk menghalau bola kedua dari umpan ke kotak penalti Indonesia. Osama yang berdiri bebas berhasil melepaskan tembakan ke gawang Ernando untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kedua tim saling jual beli serangan dengan beberapa peluang berhasil didapatkan. Tim asuhan Shin Tae-yong mampu memberikan perlawanan sengit sehingga banyak duel yang terjadi di lapangan tengah.

Witan Sulaeman dkk juga mampu mengacak-acak lini pertahanan Libya. Namun belum ada peluang yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Pada menit ke-20, Rizky Ridho melakukan kesalahan saat melepas backpass. Ia yang dalam tekanan di sisi kanan mengoper bola dengan lemah ke Ernando. Ekrawa yang mencium peluang langsung memotong bola dan berhasil memanfaatkan kesalahan tersebut dengan tembakan dari sudut sempit yang menggetarkan jala gawang Indonesia. Skor 2-1 untuk keunggulan Libya.

Meski tertinggal, skuad Garuda tetap tampil percaya diri dan berani menguasai bola lebih lama sembari mencari ruang untuk menciptakan peluang. Peluang dimiliki Indonesia di menit ke-28, umpan tendangan bebas Witan gagal disambut oleh Elkan di depan gawang.

Upaya Indonesia untuk menyamakan skor gagal berbuah gol hingga babak pertama berakhir.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia (5-3-2): Ernando Ari (kiper); Jordi Amat, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Yakob Sayuri, Elkan Baggott; Marselino Ferdinan, Justin Hubner, Witan Sulaeman; Ivar Jenner, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong 

Libya (4-5-1): Murad Al-Wuheeshi (kiper); Fadel Mansour, Osamah Al-Sureet, Elmahdi Elkout, Mohamed Tubal; Ahmed Fakrounshaalah, Daniel Elfadli, Osama El-Sharimi, Nouradin El-Gelaib, Ali Al-Musrati; Ahmed Ekrawa.

Pelatih: Milutin Sredojevic

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement