Selasa 09 Jan 2024 17:16 WIB

Pelita Air Jad Airline Resmi IBL 2024, Biaya Akomodasi Klub Terpangkas Hingga 40 Persen

Satu tim IBL mendapat kuota gratis sebanyak 25 tiket per laga away.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pengumuman kerja sama Pelita Air dengan IBL sebagai airline resmi kompetisi basket IBL 2024.
Foto: Dok IBL
Pengumuman kerja sama Pelita Air dengan IBL sebagai airline resmi kompetisi basket IBL 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Format pertandingan home and away sejak babak reguler menjadi salah satu regulasi baru IBL musim 2024. Ini tentu saja membuat pengeluaran biaya peserta klub IBL tahun ini meningkat.

IBL tak sekadar membuat regulasi, tapi juga berupaya membantu agar aturan baru ini dapat berlangsung dengan baik. IBL pun menjalin kerja sama dengan Pelita Air yang akan menjadi airline resmi IBL musim 2024.

Baca Juga

"Hari ini sejarah baru, pertama kali liga basket profesional Indonesia menjalin kerja sama dengan penerbangan," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (9/1/2024).

"Kerja sama ini setidaknya untuk satu musim ini. Harapannya pasti akan berlanjut ke depannya. Ini untuk mengembangkan industri olahraga, Bukan semata manfaat tiket saja untuk klub tetapi kita bantu berikan benefit."

Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan mengaku bangga dengan kerja sama ini. "Sebagai penerbangan domestik kita tidak hanya menyasar perjalanan bisnis dan pariwisata tetapi juga dari dunia olahraga," kata dia.

Menurut Dendy, Pelita akan memberikan tiket gratis kepada semua tim yang akan tanding away. Satu tim mendapat kuota gratis sebanyak 25 tiket per pertandingan away di kota yang dijangkau penerbangan Pelita Air.

"Kota yang bisa dijangkau penerbangan Pelita Air, yang ada klub IBL-nya saat ini adalah Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali," ujar dia.

Ia mengatakan, pihak Pelita tertarik bekerja sama dengan basket karena olahraga ini sekarang berkembang. Audiens basket merupakan generasi milenial yang mapan, yang menjadi market Pelita. 

"Kami berharap fan dari klub basket yang bertanding away juga nanti menggunakan Pelita Air saat mendukung tim kesayangan mereka bertanding," ujarnya.

Christian Ronaldo Sitepu Head of Marketing Satria Muda menyambut gembira adanya kerja sama ini. Menurutnya, di tengah pengeluaran klub yang meningkat musim ini karena sejumlah regulasi IBL ada pos yang bisa dihemat.

"Transportasi adalah faktor penting dan mengeluarkan dana lumayan untuk mengarungi IBL musim ini dengan home and away sejak babak reguler. Hitungan kasar saya dengan adanya tiket gratis dari Pelita Air, akan menghemat 30-40 persen biaya akomodasi yang dikeluarkan oleh kita," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement