Senin 08 Jan 2024 15:48 WIB

Satria Muda Perkenalkan Skuad untuk IBL 2024, tak Ada Avan Seputra dan Laurentius Oei

Avan mengatakan akan absen musim ini karena ingin belajar.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Manajemen, tim pelatih, dan para pemain Satria Muda Pertamina dalam peluncuran tim menuju kompetisi IBL 2024 di CGV Senayan, Jakarta, Senin (8/1/2024).
Foto: REPUBLIKA/Fitriyanto
Manajemen, tim pelatih, dan para pemain Satria Muda Pertamina dalam peluncuran tim menuju kompetisi IBL 2024 di CGV Senayan, Jakarta, Senin (8/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satria Muda (SM) Pertamina resmi memperkenalkan tim terbarunya yang siap berlaga pada IBL 2024 yang akan dimulai pada 13 Januari mendatang. Tak ada dua nama yang biasa menjadi langganan roster SM, yakni Avan Seputra dan Laurentius Oei.

Walau tidak masuk roster pemain SM musim ini, dia tetap hadir saat pengumuman pemain. Kepada Republika.co.id, Avan mengatakan akan absen musim ini karena ingin belajar.

Baca Juga

"Saya absen dulu musim ini, akan studi di Amerika Serikat," ujar Avan singkat.

Sementara itu Youbel Sondakh yang saat ini menjadi asisten pelatih SM membenarkan Laurentius Oei tidak masuk dalam roster pemain. "Laurentius tidak masuk dalam roster SM karena dia memilih fokus ke kariernya." 

Tim yang telah berhasil merebut 12 kali gelar juara ini akan tetap diperkuat oleh beberapa nama besar seperti, Arki Wisnu, Widyanta Putra Teja, Antoni Erga, Sandy Ibrahim, Juan Laurent, Ali Bagir, dan Julian Chalias.

Peraih dua kali gelar MVP IBL Abraham Damar Grahita juga akan dipastikan membela SM pada musim ini bersama beberapa nama pemain muda potensial seperti Karl Patrick, Dame Digne, Armando Yegiwar, serta Adrien Chalias.

Amunisi SM dilengkapi tiga pemain asing yaitu Curtis 'Trey' Davis, Jarred Shaw yang musim lalu berhasil menjadi juara bersama Prawira Bandung, dan Mycheal 'Myke' Henry yang pernah memperkuat tim NBA Memphis Grizzlies.

Di kursi pelatih, Manuel Pena Garces ditugaskan untuk kembali merebut gelar juara yang tahun lalu hilang. SM juga merekrut asisten pelatin timnas basket Spanyol Luis Guill sebagai penasihat teknis.

"Persiapan tim kami sudah berada di jalur yang tepat. Komunikasi kami juga semakin baik satu sama lain. Itu yang paling penting karena komunikasi adalah kunci dari sebuah permainan tim. Kami terus bertumbuh setiap hari dan saya pastikan kami akan siap saat musim ini dimulai," kata Manu.

la pun akan memadukan pemain senior dan pemain muda untuk kebutuhan rotasi dalam pertandingan.

"Tentu saja ini adalah kombinasi yang sangat baik dan menarik bagi kami. Para pemain muda punya energi dan pemain senior punya pengalaman. Semua faktor itu cukup untuk membuat kami menjadi lebih berkembang dan bersaing untuk meraih gelar juara di masa depan," tegasnya.

SM yakin mempercayakan seluruh pertandingan musim ini kepada 12 pemain lokal dan 3 pemain asing yang nantinya akan bertanding dengan sistem 'Home Away'.

Selain persiapan dalam lapangan yang semakin matang, SM juga tetap mempersolid diri dari sisi sponsorship dengan tetap menjalin kerja sama dengan beberapa nama besar seperti Pertamina, Wahana Honda, Juaraga, dan Doss/Canon. Serta beberapa sponsor baru seperti Gojek, BAMED, dan VOTED.

"Tentunya kami sangat mengapresiasi atas kepercayaan dari tiap sponsor kepada Satria Muda Pertamina untuk mendukung perjuangan SM baik di Liga maupun juga kegiatan lainnya," kata Christian Ronaldo Sitepu selalu Head of Marketing Satria Muda Pertamina.

"Tahun lalu memang kami belum sampai target tertinggi di Liga dan tapi mampu juara di 3x3. Kepercayaan sponsor pada musim 2024 tentu menjadi semangat tersendiri bagi Satria Muda Pertamina untuk dapat memulai musim depan dengan target merebut kembali juara dan juga menjadi tuan rumah yang baik untuk setiap lawan yang akan bertanding di home kami," sambungnya.

Yang menarik pada musim ini yakni hadirnya sponsor yang memiliki latar belakang berbeda dari olahraga yaitu BAMED. Sebagai institutsi layanan kesehatan BAMED memfokuskan aktivitasnya pada peningkatan kesehatan dan kualitas hidup keluarga Indonesia, salah satunya dengan aktif membangun kemitraan di berbagai bidang.

"Salah satu gaya hidup yang menjadi perhatian Bamed dalem memberikan dukungan, adalah industri olahraga khususnya basket, yang sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Satria Muda merupakan klub basket besar nasional ternama yang memiliki banyak penggemar, dan selalu menjadi pusat perhatian. Diharapkan, dengan adanya kolaborasi dan kemitraan ini, pesan-pesan kesehatan yang digencarkan oleh Bame dapat lebih mudah diterima keluarga Indonesia dan selaras dengan meningkatnya gaya hidup di masyarkat," ujar Dr. Yassin Yanuar Mohammad, Sp.OG, Subsp.F.E. M.Sc perwakilan dari BAMED.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement