Jumat 12 Jan 2024 20:06 WIB

Fajar/Rian Sesali Kegagalan Jinakkan Unggulan Pertama di Malaysia Open

Fajar/Rian kalah dengan skor akhir 21-16, 17-21, 18-21 dari Liang Wei Keng/Wang Chang

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
Foto: Dok Humas PBSI
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyesali kegagalannya menjinakkan pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang yang merupakan unggulan pertama pada laga perempat final Malaysia Open 2024. Fajar/Rian kalah dengan skor akhir 21-16, 17-21, 18-21 di Lapangan 2 Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/1/2024).

Fajar meyakini ia dan Rian sudah menyuguhkan permainan yang apik sejak gim pertama dan berlanjut sampai interval gim kedua. Namun, setelah itu, ia mengakui mereka kurang mengontrol permainan dan tergesa-gesa dalam meraih poin. 

Baca Juga

Imbasnya, kesalahan demi kesalahan terjadi dan Liang/Wang memanfaatkan kesempatan itu untuk mengambil alih permainan dan keluar sebagai pemenang di gim kedua.

“Di gim pertama kami bisa menguasai pertandingan. Lawan banyak melakukan kesalahan terutama Liang beberapa kali pukulannya keluar,” kata Fajar setelah pertandingan, dikutip dari keterangan resmi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Jumat (12/1/2024).

“Di gim kedua kami masih menguasai pertandingan sampai interval tapi setelah itu kami terlalu terburu-buru ingin mendapat poin yang malah jadi merugikan. Kami kurang kontrol,” tambahnya.

Hal ini masih berlanjut di gim ketiga. Menurut Fajar, pasangan China itu memanfaatkan momentum kemenangan di gim kedua, sementara dirinya dan Rian tak bisa mengembangkan permainan dan kesulitan keluar dari tekanan.

“Di gim ketiga mereka mendapat second win-nya dan kembali percaya diri sehingga bermain lebih in dan kami tidak bisa keluar dari tekanan,” ucap pebulu tangkis 28 tahun itu.

Fajar pun mengatakan bahwa ia kurang puas dari apa yang terjadi di perempat final Malaysia Open 2024. Ia mengaku pada turnamen-turnamen berikutnya akan memperbaiki kekurangan dengan lebih menjaga kontrol permainan agar performa stabil sepanjang pertandingan.

“Menurut saya saat pertemuan di semifinal World Tour Finals (kalah 20-22, 21-12, 16-21 dari Liang/Wang) sama hari ini tidak berbeda. Kami kurang puas dengan hasilnya dan sisi luar permainannya. Kami harus bisa lebih mengontrol emosi agar performa tetap stabil,” kata Fajar.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Rian meminta maaf kepada para pendukungnya setelah gagal melaju ke semifinal Malaysia Open 2024 dan mempertahankan gelar turnamen tersebut.

“Terima kasih untuk dukungan seluruh fans termasuk yang mendukung kami di Axiata Arena hari ini. Mohon maaf kami belum bisa maju ke semifinal. Dukung terus kami dan tim Indonesia di turnamen-turnamen selanjutnya,” kata Rian.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement