Sabtu 13 Jan 2024 00:00 WIB

Haaland Masih Absen, De Bruyne Berpeluang Starter Man City di Kandang Newcastle

Haaland belum pulih dari cedera kaki yang membuatnya absen dalam 8 laga terakhir City

 Pemain Manchester City Kevin De Bruyne (kanan)
Foto: AP Photo/Jon Super
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City akan kembali harus bermain tanpa pencetak gol terbanyak mereka, Erling Haaland, saat bertandang ke markas Newcastle United, St James Park, di Liga Primer Inggris, Ahad (14/1/2024) dini hari WIB. Namun Kevin De Bruyne dapat tampil sebagai starter untuk pertama kalinya pada musim ini, kata Pep Guardiola pada Jumat (12/1/2024).

Haaland, dengan 14 gol liga dalam 15 pertandingan, adalah pencetak gol terbanyak bersama di Liga Primer Inggris bersama Mohamed Salah dari Liverpool. Namun , ia telah absen dalam delapan pertandingan terakhir City di semua kompetisi karena cedera kaki.

Baca Juga

"Jack (Grealish) sakit, semoga hari ini dia kembali, Erling absen dan John (Stones) absen. Saya pikir itu semuanya," kata Guardiola dalam konferensi pers.

Ada kabar lebih baik terkait De Bruyne yang mengalami cedera hamstring pada hari pertama musim ini saat melawan Burnley. Ia membuat penampilan pertamanya sejak saat itu dengan masuk sebagai pemain pengganti dalam kemenangan atas Huddersfield di Piala FA, akhir pekan lalu.

Guardiola memberikan respons positif ketika ditanya apakah sang gelandang bisa menjadi starter pada laga tandang ke Newcastle nanti.

"Ya, dari apa yang saya lihat kemarin saya merasa sangat baik, dia dinamis, dan menit yang dia mainkan lebih baik dari sesi latihan sebelum pertandingan melawan Huddersfield. Dia semakin membaik sekarang, dia akan memiliki beberapa hari libur setelah pertandingan ini dan dapat berlatih di Abu Dhabi untuk menjadi lebih baik selama beberapa bulan ke depan," kata Guardiola.

City berada di urutan ketiga klasemen, lima poin di belakang pemuncak klasemen Liverpool, tetapi memiliki satu pertandingan lebih banyak di tangan. Guardiola masih yakin mereka dapat menjuarai Liga Primer Inggris untuk kali keempat secara beruntun.

"Saat ini, ya. Berapa banyak poin yang tersisa? 18 atau 19 pertandingan...jadi jelas secara matematis memungkinkan," kata sang manajer.

"Apakah itu realistis? Saat ini, itu masih jauh jadi saya tidak tahu. Saya akan menjawab pertanyaan ini ketika kami menyisakan enam, tujuh pertandingan lagi."

City mengalami masa-masa sulit pada bulan November, dan menjalani empat pertandingan liga tanpa kemenangan. Sekarang mereka kembali ke jalur yang benar dan telah memenangi dua pertandingan liga terakhir mereka setelah menjuarai turnamen Piala Dunia Antarklub.

"Kami tidak memiliki waktu untuk memulihkan mental setelah memenangkan treble. Saya pikir Piala Dunia Antarklub memberi kami kesempatan untuk menemukan percikan. Kami sudah memenangkan dua gelar musim ini," tegasnya.

Newcastle berada di urutan kesembilan di klasemen, 11 poin di belakang City. Newcastle akan tampil bermodalkan tiga kekalahan beruntun di liga.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement