Rabu 17 Jan 2024 16:16 WIB

Manchester United Dikecam karena Sajikan Makanan Mentah di Acara Perusahaan

Sebanyak 30 orang disuguhi ayam mentah dalam acara di Old Trafford pada 21 November.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Stadion Old Trafford, kandang Manchester United.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Stadion Old Trafford, kandang Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) dikecam karena menyajikan makanan yang tidak layak untuk dikonsumsi manusia dalam sebuah laporan yang menguraikan alasan peringkat kebersihan makanan klub tersebut dipangkas dari lima menjadi satu. Laporan kebersihan makanan menemukan 30 orang disuguhi ayam mentah dalam acara di Old Trafford pada 21 November 2023.

Mail Sport mengungkapkan bulan lalu bahwa peringkat kebersihan makanan Manchester United diturunkan setelah para tamu disuguhi paha ayam mentah di sebuah acara perusahaan. Laporan kebersihan makanan menemukan 30 orang disuguhi ayam mentah di North West Safety Health Environment Show, yang diadakan di Old Trafford pada 21 November.

Baca Juga

Laporan tersebut menindaklanjuti keluhan dari peserta acara tersebut, yang biasanya dihadiri antara 200 dan 250 delegasi. Delapan orang pada awalnya melaporkan paha mentah tersebut kepada staf, namun keluhan tersebut ternyata tidak ditindaklanjuti dengan tepat.

Diketahui sekitar 300 potong ayam telah dimasak selama acara tersebut. Hanya tiga nampan yang masing-masing berisi sekitar 15 buah yang diperiksa untuk memastikan sudah matang dengan benar. Artinya, 17 nampan yang berisi sekitar 255 potong ayam tidak tercatat suhunya sesuai kebutuhan sebelum disajikan kepada peserta.

"Hal ini menempatkan orang yang mengonsumsi makanan tersebut berisiko mengonsumsi campylobacter dan/atau salmonella karena makanan tersebut belum melalui proses memasak yang menyeluruh dan oleh karena itu tidak layak untuk dikonsumsi manusia," tulis laporan tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (17/1/2024).

Manajemen keamanan pangan dikritik oleh pengawas, namun kebersihan dianggap baik. Badan Standar Makanan menetapkan bahwa klub tersebut memerlukan perbaikan besar. United akan mengajukan banding atas penurunan peringkat tersebut. Man United bersikeras bahwa kasus ini adalah insiden yang terisolasi dan berjanji untuk mengembalikan status bintang lima.

"Manchester United memiliki salah satu operasi makanan dan minuman terbesar dan paling berpengalaman di dunia olahraga, dengan lebih dari 250 ribu orang bersantap di restoran stadion dan lebih dari 300 acara eksternal berhasil diselenggarakan setiap tahunnya," kata juru bicara klub bulan lalu.

Bahkan kata dia, setiap hari pertandingan, katering dinikmati oleh lebih dari 8.000 orang, dilayani oleh 28 dapur di seluruh stadion, dan klub bangga dengan standar tinggi dan rekor kebersihan makanan bintang 5 yang telah diberikan kepada Manchester United selama delapan tahun terakhir.

"Ini adalah insiden yang terisolasi, dan titik kegagalan telah diidentifikasi dan diatasi. Semua orang di klub bertekad untuk mendapatkan kembali status kebersihan makanan bintang 5 kami secepat mungkin," ujarnya. 

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 6 5 0 1 12 10 15
2 Manchester City Manchester City 6 4 2 0 14 8 14
3 Arsenal Arsenal 6 4 2 0 12 7 14
4 Chelsea Chelsea 6 4 1 1 15 8 13
5 Aston Villa Aston Villa 6 4 1 1 12 3 13
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement