Selasa 23 Jan 2024 04:08 WIB

Inter Milan Juara Piala Super Italia 2023 dengan Format Baru, Kalahkan Napoli 1-0 di Final

Lautaro Martinez mencetak gol kemenangan Inter pada injury time.

Penyerang Inter Milan Lautaro Martinez membuka bajunya untuk merayakan gol ke gawang Napoli pada laga final Piala Super Italia. Inter mengalahkan Napoli 1-0 lewat gol Martinez di Stadion Al Awwal, Riyadh, Selasa (23/1/2024) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Penyerang Inter Milan Lautaro Martinez membuka bajunya untuk merayakan gol ke gawang Napoli pada laga final Piala Super Italia. Inter mengalahkan Napoli 1-0 lewat gol Martinez di Stadion Al Awwal, Riyadh, Selasa (23/1/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Inter Milan keluar sebagai juara Piala Super Italia 2023 dengan format baru empat tim. Inter menang secara dramatis dengan skor 1-0 atas Napoli lewat gol yang dicetak Lautaro Martinez pada injury time di Stadion Al Awwal, Riyadh, Arab Saudi, Selasa (22/1/2024) dini hari WIB.

Ini merupakan gelar kedelapan Inter sekaligus yang ketiga berurutan di Piala Super Italia. Sebelumnya pada edisi 2021, Inter mengalahkan Juventus, sementara pada edisi 2022, Nerazzurri membungkam rival sekota AC Milan.

Baca Juga

Inter lolos ke final setelah mengalahkan Lazio dengan skor 3-0 di semifinal, sementara Napoli juga menang dengan skor serupa atas Fiorentina.

Inter dominan dalam laga yang diwarnai kartu merah untuk penyerang Napoli Giovanni Simeone ini. Inter melepaskan 22 tendangan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang. La Beneamata juga mencatatkan 65 persen penguasaan bola.

Sementara Napoli hanya bisa melepaskan enam tembakan dengan hanya satu yang mengarah ke gawang. I Partenopei tak berkutik karena harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-60 setelah Simeone mendapatkan kartu merah. Anak dari pelatih Atletico Madrid Diego Simeone ini diusir karena dinilai melakukan pelanggaran berat dengan menginjak kaki pemain Inter Francesco Acerbi.

Sejak itu, Inter mengepung Napoli. Serangan demi serangan dilancarkan Nerazzurri, tapi masih bisa dipatahkan oleh tim asuhan Walter Mazzarri.

Upaya Inter akhirnya berbuah manis ketika Alexis Sanchez mengirim Benjamin Pavard ke sisi kanan. Pavard melepaskan umpan tarik mendatar ke muka gawang. 

Lautaro Martinez sebenarnya dalam posisi dijaga, tapi bisa dengan cepat menyambar bola dari jarak sekitar enam meter. Gol ini membuat para pemain Napoli terdiam, sementara Lautaro merayakannya dengan berlari sambil membuka kausnya.

Kemenangan ini membukukan rekor tersendiri bagi pelatih Inter Simone Inzaghi. Ia menjadi pelatih yang paling sering memenangi trofi Piala Super Italia, yakni lima kali. Inzaghi melampaui dua pelatih veteran Fabio Capello dan Marcelo Lippi yang empat kali mendampingi timnya juara Piala Super Italia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement