Selasa 23 Jan 2024 19:39 WIB

Hadapi Jepang, Shin Tae-Yong Ingin Tunjukkan Sepak Bola Indonesia Sudah Berkembang

Jepang tim peringkat Asia tertinggi, sementara Indonesia terendah di Piala Asia 2023.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Jepang pada matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al-Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB. Ini menjadi laga krusial bagi skuad Garuda untuk bisa memastikan tiket ke babak 16 besar. Kedua tim memiliki nilai sama, yakni tiga poin, menuju laga tersebut. 

Pelatih Shin Tae-yong bertekad menunjukkan perkembangan sepak bola Indonesia pada kesempatan tersebut. Pasalnya, ini akan menjadi pertemuan antara tim dengan peringkat FIFA tertinggi melawan tim dengan ranking kedua terendah dari tim-tim yang berlaga di Piala Asia 2023 ini. Jepang berada di ranking ke-17, sementara Indonesia di peringkat ke-145.

Baca Juga

Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi Indonesia, yang sejak awal dianggap sebelah mata dalam persaingan di Grup D. Namun, ia memastikan skuad Merah Putih akan habis-habisan pada laga tersebut.

"Tentu Jepang tim dengan peringkat tertinggi di Piala Asia, mereka tim nomor satu. Mungkin ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit untuk kita, tapi kita ingin menunjukkan performa permainan kita. Sejauh ini kita sudah mempersiapkan diri dengan baik. Saya ingin menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia sudah berkembang lebih baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan, Selasa (23/1/2024).

Pria berusia 53 tahun itu mengaku mempunyai banyak pengalaman berhadapan dengan Jepang baik sebagai pemain maupun saat menjadi pelatih. Ia mengklaim telah mengetahui banyak hal tentang Jepang dan akan menggunakan informasi tersebut untuk mempersiapkan tim Merah Putih. 

"Ya memang level Indonesia lebih rendah dari Jepang, tapi saya akan tetap mencoba yang terbaik dan mendorong pemain untuk menunjukkan performa terbaik dan mendapatkan hasil yang baik," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement