Rabu 24 Jan 2024 15:17 WIB

Sudah Masuk Usia Senja, Bonucci Masih Berambisi Bela Italia di Euro 2024

Bonucci kini berusia 36 tahun dan memperkuat Fenerbahce.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
 Leonardo Bonucci
Foto: Marco Alpozzi/LaPresse via AP
Leonardo Bonucci

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Leonardo Bonucci masih berambisi menembus tim nasional Italia. Ia berharap bisa memperkuat Gli Azzurri di Piala Eropa 2024 di Jerman.

Bonucci mulai mengalami kemunduran dalam kariernya. Sesuatu yang lumrah karena usianya kini menyentuh angka 36 tahun.

Baca Juga

Ia berada di puncak karier ketika berkostum Juventus. Bonucci masuk trio legendaris Juve di sektor palang pintu bersama Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli. Kini, Chiellini dan Barzagli telah pensiun.

Bonucci masih aktif bermain. Pada musim panas 2023, kontraknya di Turin berakhir lebih cepat dari kesepakatan awal yang seharusnya pada Juni 2024.

Sang bek mendapat kompensasi. Ia belum memikirkan untuk gantung sepatu. Bonucci lantas merapat ke Jerman bergabung dengan Union Berlin.

Sayang, petualangan Bonucci di Berlin tak berjalan mulus. Keadaan ini memengaruhi situasi difensore tersebut di timnas Italia. Ia tak lagi dipanggil Gli Azzurri.

La Nazionale kini sudah berganti pelatih. Era Roberto Mancini berakhir. Kini muncul Luciano Spalletti.

Bonucci mengaku sudah berbicara dengan Spalletti, tepatnya sebelum ia menerima pinangan Fenerbahce. Singkat cerita, ia melanjutkan petualangan di Turki.

Dalam wawancara dengan situs resmi Fenerbahce, Bonucci menjelaskan targetnya. Ia masih berhasrat membela timnas pada Euro 2024. Ia bagian dari skuad juara di edisi 2020.

"Saya tahu itu bukan turnamen yang mudah. Ada banyak negara kuat tapi kami juara bertahannya. 

"Kami akan mempertahankan gelar kami. Saya juga ingin berada di sana sebagai bagian dari tim nasional," kata Bonucci, dikutip dari Football Italia, Rabu (24/1/2024).

Ia siap memberikan segalanya jika disertakan. Ia mentalitas alami dalam dirinya. Andai dipanggil Spalletti, ia berpotensi melanjutkan tugas sebagai kapten tim.

Bonucci telah mengoleksi 121 caps Gli Azzurri. Ia hanya berada di belakang Paolo Maldini, Fabio Cannavaro, serta Gianluigi Buffon dalam urusan penampilan terbanyak membela timnas negeri Spageti.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement