Rabu 24 Jan 2024 20:35 WIB

Takluk 1-3 dari Jepang, Indonesia Harapkan Bantuan Yordania dan Kirgistan

Indonesia berharap Yordania mengalahkan Bahrain dengan selisih minimal tiga gol.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Japan
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Japan

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan saat menghadapi Jepang pada Matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama Stadium, Doha, Rabu (24/1/2024). Pertandingan berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Jepang.

Hasil ini membuat Indonesia membutuhkan bantuan dari Yordania atau Kirgistan dari Grup E dan F untuk lolos ke babak 16 besar. Indonesia berharap Yordania mengalahkan Bahrain dengan skor 2-0 atau skor lain dengan selisih minimal tiga gol. Skenario lainnya, Kirgistan menahan imbang Oman pada laga terakhir Grup F atau Kirgistan menang 1-0.

Baca Juga

Jalannya laga

Duel Jordi Amat dengan Ueda pada menit ketiga di kotak penalti dianggap sebagai pelanggaran setelah wasit Khamis Al Marri meninjau VAR. Ayase sukses mengeksekusi tendangan penalti meskipun Ernando bergerak ke arah yang tepat dan hampir menepis bola. 

Jepang terus menekan pertahanan Indonesia pada 15 menit pertama. Tim Samurai Biru memainkan bola dari kaki ke kaki untuk mengacak-acak pertahanan Indonesia. Skuad Garuda terkurung di area pertahanan sendiri.

Pada menit ke-23, Takefuso Kubo hampir menggandakan keunggulan bagi Jepang. Umpan satu dua berhasil mencapai kotak penalti tapi beruntung lini pertahanan Indonesia masih dapat memblokir percobaan Kubo. 

Peluang akhirnya tercipta bagi Indonesia di menit ke-30. Marselino menerima umpan terobosan di sisi kiri. Ia mencoba mengumpan ke tengah kotak penalti tapi berhasil diblokir di area pertahanan. Tendangan sudut pertana bagi Indonesia, tapi gagal dimaksimalkan. 

Percobaan beruntun diberikan Jepang pada menit ke-35. Tiga tembakan pertama mampu diblokir di area pertahanan, percobaan terakhir dari Keito berhasil melewati lini pertahanan. Beruntung bagi Indonesia bola sepakannya masih membentur tiang.

Indonesia lebih banyak memainkan umpan-umpan panjang. Namun itu kurang efektif untuk melewati pemain-pemain Jepang. Indonesia justru mudah kehilangan bola yang menyebabkan bahaya di area pertahanan sendiri.

Indonesia kembali kebobolan di menit ke-51. Berawal dari umpan terobosan Nakamura kepada Doan di sisi kiri kotak penalti. Doan kemudian memberikan umpan silang yang diselesaikan dengan baik oleh Ueda. Skor 2-0 untuk Jepang.

Sejurus kemudian Doan hampir menambah keunggulan, beruntung tembakannya meleset dari sasaran. Tak lama bersepang, Hubner melakukan penyelamatan penting dari tandukan Doan saat menyelesaikan umpan silang Nakamura. 

Jepang memperlebar kedudukan pada menit ke-88. Penyelesaian Ueda saat menerima umpan berhasil diblokir Hubner tapi bola masih mengarah ke gawang. Skor 3-0 untuk Jepang. 

Indonesia memperkecil ketertinggalan di menit 90+1. Gol tercipta melalui umpan lemparan ke dalam oleh Arhan. Bola kedua yang diterima Sandy berhasil diselesaikan dengan baik ke tiang dekat. Skor berubah 3-1. 

Kekalahan ini membuat kepastian Indonesia ke babak 16 besar tergantung hasil laga di Grup F dan F.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement