Jumat 26 Jan 2024 07:16 WIB

Joel Kojo, Penyerang Naturalisasi Kirgistan yang Muluskan Jalan Indonesia di Piala Asia

Gol Joel Kojo tahan Oman salip Indonesia di klasemen tim peringkat ketiga Piala Asia.

Joel Kojo (kiri), penyerang naturalisasi Kirgistan.
Foto:

Sampai pada menit ke-80 terjadi kesalahan koordinasi antara pemain belakang dengan kiper dalam mencegah bola terobosan langsung ke kotak penalti. Penyerang Kirgistan Joel Kojo lepas dengan bola. Dari sudut sempit, ia menjebol gawang Oman untuk membuat skor 1-1, hasil yang memberikan harapan untuk Indonesia.

Setelah gol ini, Oman membombardir Kirgistan. Namun Tokotayev sigap di bawah mistar dan barisan bek Kirgistan cekatan menahan gempuran. Hingga 10 menit injury time berakhir, skor bertahan 1-1 yang berarti Oman gagal mencegah Indonesia lolos ke babak 16 besar. Hasil yang dirayakan oleh para pemain timnas Indonesia dan seluruh pecinta bola di Tanah Air.

Terlepas dari perjuangan Indonesia di penyisihan grup, kita harus mengakui bantuan Kirgistan, terutama sang penyerang Joel Kojo yang golnya membuat para pemain Oman menangis.

Lantas, siapakah sosok Joel Kojo, yang namanya sangat berbeda dibandingkan umumnya nama orang Kirgistan? Ternyata Kojo adalah pemain naturalisasi Kirgistan. Penyerang berusia 25 tahun itu berasal dari Accra, Ghana. Ia baru resmi boleh membela Kirgistan pada Juni 2023 saat berlaga di CAFA Cup, turnamen antarnegara Asia Tengah. Debutnya berlangsung pada 16 Juni saat Kirgistan dikalahkan Iran 1-5.

Dikutip dari Sportsbrief, ia menjadi pemain asal Afrika kelima yang bermain untuk negara tersebut dan orang Ghana keempat yang mewakili Kirgistan. Sebelumnya, Kirgistan pernah menaturalisasi pemain asal Kamerun Claude Maka Kum. Tiga pemain lainnya yang dinaturalisasi, yakni Daniel Tagoe, Elijah Ari, dan David Tetteh, semuanya dari Ghana.

Kojo telah bermain di Liga Kirgistan sejak 2017, di mana ia tampil untuk FK Dordoi Bishkek dan FK Alay Osh. Dia memenangkan kejuaraan Republik Kirgistan pada 2021 serta Piala Negara pada 2020. Joel saat ini bermain di Dinamo Samarqand di Liga Pro Uzbekistan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement