Ahad 28 Jan 2024 19:22 WIB

Hasil Indonesia Vs Australia; Mendominasi, Garuda Malah Tertinggal 0-2

Indonesia tampil sangat dominan sebenarnya.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Laga Australia Vs Indonesia, Ahad (28/1/2024).
Foto: AP Photo/Aijaz Rahi
Laga Australia Vs Indonesia, Ahad (28/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Indonesia tertinggal dua angka di babak pertama saat menghadapi Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Ahad (28/1/2024) pukul 18.30 WIB. Gol tercipta dari gol bunuh diri Elkan Baggott dan tandukan Martin Boyle. 

Kedua belah pihak tidak menunjukkan kegelisahan saat mereka mencari gol awal. Australia mendominasi penguasaan bola di awal-awal pertandingan, namun Indonesia masih mempertahankan pertahanan mereka sejauh ini.

Baca Juga

Peluang bagi Indonesia di menit ketujuh saat Struick menerima bola bagus dari sisi kiri dan mencoba menggunakan kakinya untuk mengarahkannya ke sudut atas tiang dekat, tapi meleset dari sasaran. Indonesia mencoba terus menyerang pertahanan Australia, tetapi belum benar-benar menguji kiper.

Sementara itu, Australia berhasil memetik keunggulan di menit ke-12. Irvine memutuskan untuk menguji Ernando dari sisi kanan dengan tembakan ke gawang. Namun bola memantul terkena Baggott dan melewati Ernando. Skor 1-0 untuk Australia. 

Peluang bagi Indonesia di menit ke-17 saat Sayuri menerima umpan silang dari sisi kiri di dalam kotak. Namun, Ryan mengambil keputusan tepat untuk meninggalkan posisinya dan memblokir upaya dari Yakob. Peluang lain dwei Hubner dengan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-23 ke sudut kanan gawang masih dapat diamankan oleh Ryan. 

Yakob gagal memaksimalkan umpan dari Marselino di menit ke-38. Tendangan setengah volinya masih meleset jauh dari sasaran. Dua menit berselang peluang lain dari tendangan Marselino saat ia diberikan ruang tembak oleh Sandy Walsh di luar kotak penalti. Namun tembakannya meleset jauh dari sasaran.

Australia menggandakan keunggulan di menit ke-45. Umpan silang dari berhasil dikonversi dengan baik oleh Boyle di sudut kiri gawang. Boyle menerima umpan dengan sundulan terbang. Skor 2-0 bagi keunggulan Australia bertahan hingga turun minum.

Susunan pemain kedua tim:

Australia (5-3-2): Mathew Ryan (kiper); Kye Rowless, Jordan Bos, Aziz Behich, Harry Souttar, Gethin Jones; Jackson Irvine, Keanu Baccus, Riley McGree; Martin Boyle, Bruno Fornaroli.

Pelatih: Graham Arnold

 

Indonesia (5-2-3): Ernando Ari (kiper); Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama; Marselino Ferdinan, Ivar Jenner; Yakob Sayuri, Rafael Struick, Justin Hubner 

Pelatih: Shin Tae-yong

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement