Senin 29 Jan 2024 06:53 WIB

Lautaro Martinez Bawa Inter Milan ke Puncak Klasemen untuk Gusur Juventus

Martinez mencetak satu-satunya gol pada laga itu.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Lautaro Martinez dari Inter memperlihatkan simbol jari saat selebrasi membuat gol dalam pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Fiorentina dan Inter di Stadion Artemio Franchi, di Florence, Italia, Senin (29/1/2024) dini hari WIB.
Foto: AP
Lautaro Martinez dari Inter memperlihatkan simbol jari saat selebrasi membuat gol dalam pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Fiorentina dan Inter di Stadion Artemio Franchi, di Florence, Italia, Senin (29/1/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE -- Lautaro Martinez dengan kejam mengirim Inter Milan ke puncak klasemen Serie A Italia dalam kemenangan 1-0 atas Fiorentina, Senin (29/1/2024), di mana Nico Gonzalez gagal mengeksekusi penalti saat kembali ke Fiorentina dari cedera.

Nerazzurri baru saja memenangkan Supercoppa Italiana, namun Hakan Calhanoglu dan Nicolo Barella terkena larangan bermain, dan Juan Cuadrado cedera. Viola kalah di semifinal di Riyadh, meninggalkan Cristiano Biraghi dilarang, Gaetano Castrovilli, Dodo dan Oliver Christensen absen dan Christian Kouame di AFCON. Riccardo Sottil ditarik keluar saat pemanasan, digantikan oleh M'Bala Nzola.

Baca Juga

Ada banyak hal yang dipertaruhkan, karena kemenangan akan membawa Inter memimpin dengan satu pertandingan tersisa melawan Juventus menjelang perebutan Scudetto, sementara tuan rumah membutuhkan kemenangan untuk merebut kembali posisi keempat dari Atalanta.

Nzola menimbulkan ketakutan besar bagi Yann Sommer di menit-menit awal dengan tekanan tinggi, namun terjebak offside. Lautaro Martinez berada dalam posisi onside ketika mencegat umpan Lucas Martinez-Quarta dan melihat tendangannya dibelokkan oleh Luca Ranieri.

photo
Lautaro Martinez dari Inter (tengah) membawa bola saat pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Fiorentina dan Inter di Stadion Artemio Franchi, di Florence, Italia, Senin (29/1/2024) dini hari WIB. - (AP)

Nzola kembali berada dalam posisi offside ketika berlari mengejar bola dan mengecoh Sommer untuk mencetak gol pada menit ke-11. Marcus Thuram menunjukkan kepadanya bagaimana hal itu dilakukan dengan melontarkan jebakan offside untuk memberikan umpan kepada Carlos Augusto, yang ditepis oleh Marco Davide Faraoni. 

Pada situasi sepak pojok, Lautaro Martinez berhasil memaksimalkan umpan Kristjan Asllani di menit ke-14 untuk membawa Inter unggul. 

Ada momen janggal ketika Thuram berlari cepat menuju gawang namun tersandung kakinya sendiri, kemudian tendangan rendah Davide Frattesi dapat ditepis oleh Pietro Terracciano.

Sommer melakukan penyelamatan yang lebih sensasional dengan ujung jarinya untuk mendorong upaya Giacomo Bonaventura melewati mistar. Pada tendangan sudut yang dihasilkan, Ranieri mendapat permohonan penalti yang ditolak karena pergulatan Alessandro Bastoni.

Bastoni melakukan blok penentu di kotak penalti terhadap Nzola dan tembakan silang Parisi membentur tiang jauh dengan Sommer terdampar. Nico Gonzalez kembali bermain setelah enam minggu absen karena cedera paha, sementara Marko Arnautovic berhasil mencetak gol pada menit ke-64, namun Henrikh Mkhitaryan jelas berada dalam posisi offside saat memberikan asis tersebut.

Penalti diberikan setelah tinjauan VAR di menit ke-75 terhadap pukulan Sommer, Nico Gonzalez maju namun tendangan tengahnya yang lemah dapat diamankan dengan mudah oleh kiper. Dia belum pernah gagal mengonversi penalti Serie A, tapi itu adalah tendangan penalti kelima yang gagal di Serie A pekan ke-22. Skor 1-0 bertahan hingga akhir laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement