Kamis 01 Feb 2024 13:46 WIB

Susah Payah Kalahkan Osasuna, Xavi Klaim Penampilan Barcelona Sudah Jauh Lebih Baik

Barcelona mengalankan Osasuna 1-0 lewat gol Vitor Roque.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Vitor Roque dari Barcelona melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Osasuna dalam pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Barcelona dan Osasuna di stadion Olimpic Lluis Companys di Barcelona, Spanyol, Kamis (1/2/2024) dini hari WIB.
Foto: AP
Vitor Roque dari Barcelona melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Osasuna dalam pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Barcelona dan Osasuna di stadion Olimpic Lluis Companys di Barcelona, Spanyol, Kamis (1/2/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona akhirnya kembali merasakan kemenangan di pentas La Liga Spanyol musim 2023/24. Barca unggul tipis 1-0 atas Osasuna di Stadion Lluis Companys Olympic, Katalunya, Kamis (1/2/2024) dini hari WIB. 

Hasil ini menghidupkan kembali harapan Blaugrana untuk bersaing di papan atas. Minimal meniupkan angin segar di kamar ganti tim raksasa Katalunya. Sebelumnya, Ilkay Gundogan dan rekan-rekan selalu tumbang dalam dua partai beruntun.

Baca Juga

"Kami jauh lebih baik dalam menyerang dan bertahan dibandingkan saat melawan Villarreal," kata pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, dikutip dari laman resmi klubnya.

Xavi kecewa berat melihat performa pasukannya beberapa hari lalu. Tepatnya ketika El Barca takluk 3-5 dari the Yellow Submarine. Saat itu, Blaugrana juga mentas di rumah sendiri.

Setelah pertandingan tersebut, sang entrenador membuat keputusan penting mengenai masa depannya. Setelah musim ini berakhir, ia tak lagi melatih Barcelona. 

Namun bukan berarti Xavi menurunkan fokus. Masih ada waktu untuk perbaikan. Ia mengetahui apa yang harus mereka lakukan. Jelas, Pedri dkk tak bisa cuma menguasai bola.

"Kami perlu lebih banyak menggerakkan bola, tapi kami menghasilkan peluang. Saya senang dengan hal itu," ujar Xavi.

Ia menegaskan, terpenting adalah reaksi para pemainnya. Pelatih hanya membantu dari pinggir lapangan, sementara pemain yang mengeksekusi.

Dalam konteks tersebut Xavi puas. Semua penggawa Barcelona yang diturunkan bekerja keras untuk keluar dari periode negatif. 

"Kami bermain jauh lebih baik, tetapi ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam sepak bola kami, terutama dalam upaya menembus pertahanan lawan," ujar juara dunia 2010 bersama tim nasional Spanyol itu.

Gol tunggal kemenangan El Barca dicetak oleh pemain pengganti Vitor Roque pada babak kedua. Tepatnya pada menit ke-63. Sundulan Roque memanfaatkan umpan Joao Cancelo, merobek jala lawan.

Penyerang asal Brasil itu mencetak gol pertama dalam balutan kostum Blaugrana hanya semenit setelah masuk ke lapangan. 

Selanjutnya Barcelona menyambangi markas Deportivo Alaves pada journada ke-23 La Liga. Duel ini dimainkan di Stadion Mendizorrotza, Vitoria-Gasteiz, Ahad (4/2/2024) pukul 00.30 WIB.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement