Senin 05 Feb 2024 06:59 WIB

Lewis Hamilton: Membalap untuk Ferrari adalah Impian Masa Kecil

Hamilton mengumumkan bahwa ia telah menandatangani kontrak dengan Ferrari.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap Mercedes asal Inggris Lewis Hamilton, pembalap Red Bull Racing asal Belanda Max Verstappen dan pembalap McLaren asal Inggris Lando Norris (dari kiri) berdiri di podium menerima piala usai menjuari Grand Prix Formula Satu di Sirkuit CoTA, Austin, Texas,  Amerika, Senin (23/10/2023) dini hari WIB.
Foto: Jim WATSON / AFP
Pembalap Mercedes asal Inggris Lewis Hamilton, pembalap Red Bull Racing asal Belanda Max Verstappen dan pembalap McLaren asal Inggris Lando Norris (dari kiri) berdiri di podium menerima piala usai menjuari Grand Prix Formula Satu di Sirkuit CoTA, Austin, Texas, Amerika, Senin (23/10/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lewis Hamilton mengatakan bahwa ia akan mewujudkan mimpi masa kecilnya ketika ia bergabung dengan Ferrari pada tahun 2025. Juara dunia Formula Satu tujuh kali ini juga memberikan pandangan pertamanya tentang mengapa ia membuat keputusan untuk meninggalkan Mercedes, mengutip naluri yang sama yang menariknya untuk bergabung dengan tim pada tahun 2013.

Pada hari Kamis lalu, Hamilton mengumumkan bahwa ia telah menandatangani kontrak multi-tahun dengan Ferrari yang akan dimulai tahun depan. Keputusan tersebut tidak terduga dan mengejutkan Mercedes, yang telah membalap bersama Hamilton selama 11 tahun dan meraih enam gelar juara dunia, terutama karena ia telah menandatangani kontrak dua tahun dengan mereka pada bulan Agustus lalu.

Baca Juga

Tim dan Hamilton mengeluarkan pernyataan singkat, namun pembalap berusia 39 tahun itu kini untuk pertama kalinya berbicara tentang keputusannya di media sosial, di mana ia mengungkapkan antusiasmenya untuk bergabung dengan Ferrari, tetapi juga menekankan bahwa itu bukan keputusan yang mudah untuk diambil.

"Saya merasa sangat beruntung, setelah mencapai banyak hal dengan Mercedes yang hanya bisa saya impikan sebagai seorang anak, sekarang saya memiliki kesempatan untuk mewujudkan impian masa kecil saya yang lain. Mengemudi dengan mobil Ferrari berwarna merah," katanya. "Mercedes telah menjadi bagian besar dalam hidup saya sejak saya berusia muda, jadi keputusan ini adalah yang paling sulit yang pernah saya buat."

Hamilton juga memberikan penghormatan kepada tim di mana ia telah menikmati kesuksesan tersebut, kepala tim, Toto Wolff, yang telah menjalin persahabatan yang kuat dengan dia dan mendiang penasihat tim, mantan juara dunia Niki Lauda.

Selama dua musim terakhir, Mercedes telah berjuang dengan mobil yang tidak sesuai dengan kecepatannya dan didominasi oleh Max Verstappen dan Red Bull, sementara Hamilton belum pernah memenangkan perlombaan sejak di Arab Saudi pada tahun 2021. Namun, ia tidak menyebut penurunan performa mereka sebagai hal yang mempengaruhinya, melainkan karena ia ingin mengambil tantangan baru di lingkungan baru di tim yang hampir pasti akan menjadi tim terakhir dalam kariernya.

Ketika ia bergabung dengan Mercedes pada tahun 2013, ia juga mengejutkan McLaren, yang telah ia perkuat sebagai pembalap muda saat berusia 13 tahun, dengan mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan mereka. Keputusan tersebut dipertanyakan dan dikritik mengingat McLaren adalah tim yang bersaing untuk meraih gelar juara dan Mercedes masih berjuang untuk bersaing di posisi terdepan. Namun, instingnya terbukti benar dan hanya setahun kemudian, di bawah peraturan era turbo-hybrid yang baru, ia memenangkan gelar juara dan Mercedes memulai delapan kejuaraan konstruktor berturut-turut.

Hamilton secara khusus menekankan kesamaan antara kedua peristiwa tersebut. "Waktunya tepat untuk melakukan perubahan dan mengambil tantangan baru," katanya. "Saya masih ingat perasaan mengambil lompatan keyakinan ke hal yang tidak diketahui ketika saya pertama kali bergabung dengan Mercedes pada tahun 2013," ujar dia. 

"Saya tahu beberapa orang tidak memahaminya pada saat itu, tetapi saya benar untuk mengambil langkah tersebut dan itu adalah perasaan yang saya rasakan sekarang. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang bisa saya berikan pada kesempatan baru ini dan apa yang bisa kami lakukan bersama."

Wolff telah menyatakan bahwa ia memiliki kepercayaan penuh pada Hamilton untuk memberikan segalanya di tahun terakhirnya di Mercedes, yang akan dibuka dengan Grand Prix Bahrain pada tanggal 2 Maret, dan bahwa ia masih berharap Hamilton dapat mengamankan gelar kedelapan bersama mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement