Selasa 06 Feb 2024 09:05 WIB

Manchester City Menang 3-1 atas Brentford, Geser Arsenal di Papan Klasemen

Perburuan gelar Liga Primer Inggris semakin panas.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Manchester City Phil Foden melakukan tendangan pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris melawan Brentford di Stadion Komunitas Gtech, London, Selasa (6/2/2024). Fodden mencetak hattrick sekaligus membawa City menang 3-1 atas Brentford.
Foto: AP Photo/Ian Walton
Pemain Manchester City Phil Foden melakukan tendangan pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris melawan Brentford di Stadion Komunitas Gtech, London, Selasa (6/2/2024). Fodden mencetak hattrick sekaligus membawa City menang 3-1 atas Brentford.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City telah melampaui Arsenal dan terpaut dua poin dari pemimpin Liga Primer, Liverpool – dengan satu pertandingan tersisa – setelah mengamankan kemenangan 3-1 atas Brentford pada Selasa (6/2/2024) dini hari WIB melalui hat-trick Phil Foden.

Tuan rumah memimpin lebih awal di Community Stadium tetapi menyia-nyiakan banyak peluang di babak pertama, dengan kiper Mark Flekken mencetak rekor klub untuk penyelamatan dalam sebuah pertandingan.

Baca Juga

Menjelang turun minum, Foden akhirnya berhasil menyamakan kedudukan dengan cara yang tidak disengaja sebelum gol cepat setelah babak kedua dimulai membuat pertandingan berakhir – dan membuat rival mereka yang lain menjadi waspada.

Sang juara bertahan mengawali pertandingan dengan baik dengan Julian Alvarez dua kali menyengat telapak tangan Flekken, yang harus melakukan sejumlah penyelamatan saat pemain kaus biru langit memenuhi area penalti sejak menit pertama.

Hebatnya, kiper asal Belanda inilah yang memberikan dampak di sisi lain lapangan dengan tendangan gawang yang dengan cerdik ditinggalkan oleh Ivan Toney yang memungkinkan Neal Maupay berlari ke depan gawang dalam situasi satu lawan satu.

Dia tetap tenang dan mencetak gol ke sudut bawah, dengan Flekken memberikan assist saat para pemain City mengklaim offside – meskipun Anda tentu saja tidak bisa berada dalam posisi offside jika terjadi tendangan gawang.

City semakin meningkatkan intensitasnya setelah tertinggal dan seharusnya bisa segera menyamakan kedudukan ketika Erling Haaland yang kembali bermain dengan baik, namun lagi-lagi Flekken mampu berlari keluar dan memblok upaya tersebut.

Josko Gvardiol memiliki dua peluang bagus untuk mencetak gol, satu berhasil diselamatkan dan yang lainnya melewati tiang jauh, namun fisik Brentford mulai menimbulkan masalah bagi City – dan mengganggu mereka.

Umpan silang melengkung dari Sergio Reguilon hampir berhasil ditangkap Ederson sebelum sapuan pemain Brasil yang salah perhitungan membuat gawangnya menganga, namun upaya bek kiri Brentford itu diblok oleh Ruben Dias.

City terus mengepung gawang Brentford, dengan Flekken menahan mereka melalui keberuntungan dan penilaian pada saat ini setelah hampir melepaskan tembakan dari Kevin De Bruyne, dan akhirnya tekanan mereka membuahkan hasil menjelang turun minum.

Umpan silang yang tidak dapat diantisipasi siapa pun disundul langsung oleh Ethan Pinnock dan Foden siap mengambil sisa-sisa dan menembak dari jarak dekat. Dengan tembakan tepat sasarannya yang ke-10, City akhirnya berhasil mencetak gol.

Pola permainan itu berlanjut di babak kedua, dengan Brentford terus terlihat berbahaya saat melakukan serangan balik, meskipun City tidak perlu menunggu lama untuk unggul setelah babak kedua dimulai dan lagi-lagi Foden-lah yang melakukannya.

Tekanan yang lebih besar dari tim tamu memberi De Bruyne waktu untuk memberikan umpan silang dan dia mengeksploitasi lini belakang yang tidak rata untuk mengarahkan bola ke kepala Foden, dengan Flekken tidak mampu menahan bola meski tangannya berhasil menangkapnya.

Brentford tidak akan menyerah begitu saja, dan mereka hampir menyamakan kedudukan ketika tendangan voli dari Toney memantul ke jalur pergerakan Christian Norgaard tetapi upayanya yang mengarah ke gawang diblok oleh Dias.

Bola mati juga menyebabkan masalah bagi City, dengan tendangan Norgaard melewati tiang jauh sebelum upaya lain yang mengarah ke gawang, kali ini dari Maupay, memaksa blok terakhir lainnya. Toney juga memiliki peluang bagus untuk menguji Ederson tetapi tendangan volinya melambung di atas mistar.

Brentford harus membayarnya segera setelah itu dengan Foden kembali melakukan pukulan mematikan; umpan rapi dari Haaland membuat pemain internasional Inggris itu menerobos ke dalam kotak penalti, meninggalkan kaos merah dan putih memakan debu, dan dia melepaskan tendangan rendah kaki kiri ke tiang dekat untuk menyelesaikan hat-tricknya.

City – yang mengakhiri pertandingan dengan 72 persen penguasaan bola dan 25 tembakan – menyelesaikan sisa pertandingan dengan relatif mudah, kecuali satu serangan lagi dari Ederson, dan sekarang berada dalam jarak yang sangat dekat dengan pemimpin liga Liverpool dengan keunggulan permainan di tangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement