Rabu 07 Feb 2024 22:44 WIB

Hal Menarik Seputar Duel Aston Villa Vs Chelsea di Piala FA, Kamis Dini Hari Nanti

Ini kedelapan kalinya Chelsea dan Aston Villa dipertemukan di Piala FA.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Axel Disai dari Chelsea (atas) berebut bola dengan Youri Tielemans dari Aston Villa selama pertandingan sepak bola putaran keempat Piala FA Inggris antara Chelsea dan Aston Villa di stadion Stamford Bridge di London, Sabtu (27/1/2024) dini hari WIB.
Foto: AP
Axel Disai dari Chelsea (atas) berebut bola dengan Youri Tielemans dari Aston Villa selama pertandingan sepak bola putaran keempat Piala FA Inggris antara Chelsea dan Aston Villa di stadion Stamford Bridge di London, Sabtu (27/1/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chelsea dan Aston Villa akan bertarung untuk memperebutkan satu tempat pada babak 16 besar Piala FA di Villa Park, Kamis (8/2/2024) pukul 03.00 dini hari WIB. Dua tim Liga Primer ini telah merebut trofi tua yang terkenal ini sebanyak 15 kali, Chelsea delapan kali, Villa tujuh kali. Namun, hanya satu tim yang akan melanjutkan langkah mereka untuk menambah jumlah trofi tersebut.

Pertandingan ulangan diperlukan setelah duel di Stamford Bridge dua belas hari berakhir tanpa pemenang. Chelsea, klub Football League pertama dari ibu kota yang mencapai final Piala FA (1914/15), adalah satu-satunya klub yang berbasis di London yang masih bertahan di kompetisi ini. 

Baca Juga

Ini kedelapan kalinya Chelsea dan Aston Villa dipertemukan di Piala FA. Namun menang di kandang The Villans akan menjadi catatan baru bagi Chelsea di kompetisi ini, meskipun Chelsea telah memenangkan beberapa pertandingan di Villa Park saat digunakan sebagai tempat netral.

Sepekan yang lalu saat menghadapi Newcastle United, anak asuh Unai Emery mengalami kekalahan kandang pertama mereka dalam 16 pertandingan. Namun mereka bangkit untuk mengalahkan Sheffield United pada akhir pekan.

Chelsea telah mengalami kekalahan beruntun dan, seperti yang dikatakan oleh Mauricio Pochettino, dibutuhkan sebuah reaksi atas kekecewaan tersebut.

Jika pertandingan ini berakhir sama kuat setelah 90 menit dan injury time, perpanjangan waktu 30 menit akan dimainkan. Jika pertandingan tetap menemui jalan buntu, pertandingan akan ditentukan melalui adu tendangan penalti.

Skuat asuhan Pochettino memenangkan satu-satunya adu penalti musim ini: 4-2 melawan Newcastle di perempat final Piala Liga pada bulan Desember.

Lima pergantian pemain, ditambah pergantian pemain akibat gegar otak, diperbolehkan dalam sistem gugur sepak bola tertua di dunia ini. Sistem VAR beroperasi di mana klub-klub Liga Primer menjadi tuan rumah, seperti yang satu ini.

Mengumpulkan dua kartu kuning akan berakibat skorsing satu pertandingan di Piala FA. Hanya kartu merah yang dapat ditransfer ke kompetisi domestik lainnya. Semua kartu akan dihapus setelah perempat final, dan Thiago Silva saat ini merupakan satu-satunya pemain Chelsea yang mendapatkannya pada musim ini.

Jika The Blues berhasil mencapai babak kelima, pertandingan akan dimainkan di Stamford Bridge pada Rabu 28 Februari.

Babak perempat final akan berlangsung pada 16/17 Maret, semifinal pada 20/21 April, dan final pada Sabtu 25 Mei di Stadion Wembley. Pemenang final akan mendapatkan satu tempat di Liga Europa 2024/25. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement