Rabu 07 Feb 2024 22:52 WIB

Pochettino Tetap Yakini Talenta Muda Chelsea, Minta Waktu dan Kepercayaan

Pochettino juga meminta kesabaran dari para pemain yang baru saja kembali.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Chelsea Mauricio Pochettino
Foto: AP Photo/Karl B DeBlaker
Pelatih Chelsea Mauricio Pochettino

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mauricio Pochettino tetap yakin talenta muda dalam skuad Chelsea akan muncul ke permukaan. Namun, ia mengatakan para pemain harus diberi kepercayaan dan waktu yang mereka butuhkan untuk menjadi dewasa sebagai sebuah tim.

Berbicara menjelang pertandingan ulangan babak keempat Piala FA malam ini melawan Aston Villa, Pochettino menjawab pertanyaan tentang penampilan Chelsea akhir-akhir ini, setelah kekalahan beruntun di Liga Primer dari Liverpool dan Wolverhampton Wanderers.

Baca Juga

Pelatih kepala The Blues ini percaya bahwa penampilan dan hasil tersebut bukanlah cerminan yang adil dari kualitas dalam skuadnya. Namun ia tahu bahwa membangun platform yang dibutuhkan agar para pemain berbakat bersinar dalam tim bukanlah proses yang bisa dilakukan secara terburu-buru.

"Kami tim muda dan kami harus lebih matang untuk bersaing, itulah sebabnya kami membutuhkan waktu dan orang-orang perlu memahami bahwa kami membutuhkan waktu," kata Pochettino. "Anda dapat memiliki pemain-pemain bagus tetapi pada akhirnya, ini adalah olahraga kolektif. Untuk menciptakan sebuah tim, membangun sebuah tim adalah hal yang penting.*

"Ini seperti jika Anda akan membangun sebuah rumah, Anda harus yakin dengan setiap langkah yang harus Anda ambil. Jika Anda membuat kesalahan pada suatu saat, setelah Anda membawa perabotan yang bagus dan mulai bergerak, Anda akan mendapati bahwa Anda memiliki masalah."

"Selalu kami membutuhkan waktu dan kami membangun dari nol. Terkadang terlihat seperti Anda bergerak maju tetapi kemudian Anda harus kembali karena beberapa masalah muncul. Selalu butuh waktu."

Pochettino juga meminta kesabaran dari para pemain yang baru saja kembali ke skuat setelah lama menepi karena cedera, menunjuk bek sayap Ben Chilwell dan Malo Gusto sebagai contoh pemain yang belum bugar.

"Kenyataannya sejak awal adalah kami tidak bermain dengan begitu banyak pemain karena mereka cedera dan sekarang mereka telah kembali, namun lihat apa yang terjadi setelah 75 menit pertandingan terakhir.

"Anda dapat melihat mengapa terkadang dalam pertandingan kami mungkin kekurangan energi yang Anda butuhkan untuk memenangkan pertandingan, dan jika Anda kehilangan energi di Premier League, itu adalah situasi yang sulit bagi Anda.

Namun, meskipun cedera dan waktu pemulihan telah memainkan peran, Pochettino percaya bahwa aspek mental dalam membangun tim dan mengintegrasikan para pemain akan menjadi kunci untuk mendapatkan yang terbaik dari skuadnya di masa depan.

"Memang seperti ini dalam sepak bola, ketika Anda tiba di sebuah klub baru dengan tekanan, para pemain harus menemukan tempat mereka dan merasa nyaman serta bahagia. Ini bukan tentang kualitas, kita tidak bisa menyalahkan kualitas para pemain karena mereka tidak tampil."

"Saya percaya pada para pemain dan jika kami tidak dapat tampil, tentu saja itu adalah tanggung jawab saya dan para pemain, karena mereka berada di lapangan, tetapi saya percaya bahwa kami dapat membalikkan situasi ini dan mengubah hasilnya," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement