Kamis 08 Feb 2024 01:07 WIB

Dikontak Liverpool untuk Gantikan Jurgen Klopp, Xabi Alonso Mengaku Bahagia di Leverkusen

Alonso memulai karier manajerialnya bersama Real Sociedad B.

Leverkusen head coach Xabi Alonso before the German Bundesliga soccer match between FC Augsburg and Bayer 04 Leverkusen in Augsburg, Germany, Saturday, Jan. 13, 2024.
Foto: Harry Langer/dpa via AP
Leverkusen head coach Xabi Alonso before the German Bundesliga soccer match between FC Augsburg and Bayer 04 Leverkusen in Augsburg, Germany, Saturday, Jan. 13, 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso merasa 'bahagia' di klubnya saat ini. Pernyataan ini disampaikan merespons pemberitaan bahwa Liverpool menghubunginya sebagai calon pengganti Jurgen Klopp, menurut laporan.

Klopp mengumumkan bahwa dirinya dengan cepat mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Liverpool di akhir musim bulan lalu. Alonso dengan cepat menjadi favorit para bandar judi.

Baca Juga

The Reds akan menunjuk pengganti Klopp pada musim panas. Menurut Foot Mercato (via Mirror). Kontak telah dilakukan antara Liverpool dan Alonso saat tim Liga Primer Inggris tersebut ingin mengetahui apakah pemain asal Spanyol tersebut tertarik dengan pekerjaan tersebut.

Namun, laporan tersebut juga menyatakan bahwa Alonso merasa puas di Leverkusen dan berharap untuk bisa memberikan gelar Bundesliga pertama mereka. Dalam sebuah wawancara setelah pengumuman Klopp, Alonso terlihat menjauhkan diri dari peran di Merseyside.

"Saya terkejut dengan berita Jurgen. Saya sangat menghormati Jurgen dan Liverpool. Saat ini saya sangat senang di sini dan menikmati pekerjaan saya. Setiap hari dan pertandingan adalah sebuah tantangan. Kami berada dalam perjalanan yang intens dan di sini indah, di Leverkusen," katanya.

Ia mengatakan, spekulasi adalah hal yang normal. Namun ia mengaku sangat menghormati dan mengagumi pekerjaan yang telah dilakukan Jurgen di Liverpool. 

Alonso mengakui memiliki hubungan dengan para penggemar teh Reds. Namun dia melakukan pekerjaan dengan baik, sehingga fokus Leverkusen ada di sini di Bayer Leverkusen.

"Saya memiliki motivasi besar untuk melakukan pekerjaan dengan baik di sini, saya sangat senang dengan tim, dengan klub, dengan segalanya, jadi itulah fokus saya. Fokus saya bukan pada bulan Mei, melainkan pada hari esok, menjelang laga melawan Gladbach dan membantu para pemain untuk siap. Tapi yang akan saya katakan adalah mengejutkan apa yang terjadi di Liverpool dengan kepergian Jurgen."

Setelah menjadi pemain di Liverpool, Alonso memulai karier manajerialnya bersama Real Sociedad B. Tugas itu berlangsung selama tiga tahun, di mana ia memenangkan lebih dari 40 persen pertandingan sebelum meninggalkan klub pada Mei 2022.

Lima bulan kemudian, Alonso mendapatkan pekerjaan manajemen di tim senior pertamanya di Bayer Leverkusen, membawa timnya mencapai semifinal Liga Europa pada musim debutnya. Pada Mei 2023, pria asal Spanyol ini menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan klub Jerman tersebut dan mereka mengawali musim ini dengan baik.

Baru-baru ini, Leverkusen meraih kemenangan 3-2 atas Stuttgart di DFB-Pokal, membuat rekor tak terkalahkan mereka menjadi 30 pertandingan di semua kompetisi. Tim asuhan Alonso terus melaju, setelah mereka juga berhasil mencapai babak 16 besar Liga Europa setelah memenangkan semua pertandingan grup. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement