Jumat 09 Feb 2024 23:50 WIB

Jurgen Klopp Sebut Cedera Thiago Bukan Kabar Baik

Thiago menderita cedera otot.

 Pelatih Liverpool Jurgen Klopp
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Cedera yang dialami gelandang Liverpool Thiago Alcantara bukan kabar baik, kata pelatih Jurgen Klopp pada Jumat (9/2/2024). Pemain asal Spanyol itu dinyatakan tidak bisa bermain setelah baru saja kembali ke tim utama.

Pemain berusia 32 tahun itu telah absen sejak April karena masalah pinggul. Ia baru masuk sebagai pemain pengganti pada menit-menit akhir dalam kekalahan 1-3 dari Arsenal pada Ahad (4/2/2024) setelah ia terlihat fantastis dalam latihan.

Baca Juga

Namun, ia kembali absen setelah mengalami cedera otot. Ia akan absen dalam pertandingan Liga Primer Inggris melawan Burnley yang terancam degradasi pada Sabtu (10/2/2024), bersama dengan Mohamed Salah dan Dominik Szoboszlai yang juga cedera.

Adapun Conor Bradley masih bersama keluarganya setelah kematian ayahnya.

"Situasi dengan Thiago jelas tidak menyenangkan," kata Klopp kepada wartawan. "Kami belum tahu sejauh mana. Ini bukan kabar baik untuknya atau klub, selain kalah dalam pertandingan.

"Ini bukan cedera besar, cedera besar, jelas bukan, tapi itu sesuatu yang tidak dibutuhkan siapa pun."

Ayah Bradley, Joe, meninggal dunia tiga hari setelah pemain berusia 20 tahun itu mencetak gol pertamanya di Liga Primer dan mengemas dua assist dalam penampilan gemilang saat Liverpool mengalahkan Chelsea 4-1 pada 31 Januari.

"Anak itu mendapatkan waktu selama yang dia butuhkan bersama keluarganya," kata Klopp. "Saya pikir mulai pekan depan dia akan kembali berlatih, tetapi kami harus melihat. Jika dia tidak merasa siap untuk itu, maka itu juga tidak masalah.

"Sama sekali tidak ada yang terburu-buru dari kami. Satu-satunya hal yang ingin kami lakukan adalah mendukungnya semampu kami."

Bradley tampil brilian setelah menggantikan Trent Alexander-Arnold yang cedera di lini belakang Liverpool. Ia membantu the Reds tetap berada di puncak klasemen meskipun ada beberapa pemain kunci yang mengalami cedera.

Tim asuhan Klopp tetap berada di puncak klasemen dengan 51 poin setelah 23 pertandingan meskipun mereka kalah atas Arsenal. Manchester City, yang memiliki 49 poin dan satu pertandingan tersisa, dapat melewati Liverpool di pertandingan nanti melawan Everton.

Salah, pencetak gol terbanyak liga bersama dengan pemain City, Erling Haaland, telah pulih dari cedera hamstring yang dideritanya saat memperkuat Mesir di Piala Afrika.

"Dia menuju ke arah yang benar dan kami berharap dia akan menjadi bagian dari latihan minggu depan, tapi kita lihat saja nanti," kata Klopp. "Dia sedang menjalani prosesnya sekarang tapi itu positif. Itu akan terjadi pekan depan atau pekan setelahnya."

Szoboszlai masih absen setelah mengalami cedera hamstring yang semakin parah.

"Dia berlari di luar di tengah hujan musim dingin tapi dia belum siap untuk besok," kata Klopp. "Kita harus melihat tendonnya, para pemain bebas dari rasa sakit dengan cukup cepat, tetapi itu tidak baik dia mendapatkannya lagi."

Kekalahan dari Arsenal merupakan yang pertama bagi Liverpool dalam 16 pertandingan liga. Ditanya apakah itu terasa seperti sebuah kemunduran, Klopp mengatakan,"Kami kalah dalam sebuah pertandingan dan rasanya seperti itu, tentu saja. Namun bukan karena situasi di klasemen, hanya karena kami kalah dalam pertandingan dan kami tidak memainkan permainan yang bagus."

"Beberapa hari sebelumnya, kami memainkan sebagian permainan terbaik kami musim ini, penampilan yang lengkap melawan Chelsea. Kelas atas."

"Ini selalu menjadi sebuah tantangan, kami tidak menganggap enteng hal-hal seperti ini dan kami harus menunjukkan reaksi."

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement