Jumat 16 Feb 2024 22:06 WIB

UEFA: Skuad Manchester United Musim 2022/2023 Termahal dalam Sejarah

Antony jadi pembelian paling mahal.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Winger Manchester United Antony pemain termahal Setan Merah saat ini.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Winger Manchester United Antony pemain termahal Setan Merah saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Laporan UEFA menyebut skuad Manchester United pada akhir musim lalu merupakan yang termahal dalam sejarah. Skuad Setan Merah pada akhir tahun finansial 2023 mengeluarkan biaya transfer kolektif sebesar 1,42 miliar euro, melampaui angka 1,33 miliar euro yang dicatat oleh Real Madrid pada tahun 2020.

Skuad United pada akhir 2022/2023, termasuk pemain sayap Brasil Antony senilai 96 juta euro, bek Inggris Harry Maguire (93,5 juta euro), penandatanganan Jadon Sancho (85 juta euro) dan gelandang Brasil Casemiro (70 juta euro). Rekrutan musim panas lalu seperti Mason Mount, Andre Onana, dan Rasmus Hojlund tidak dihitung dalam jumlah tersebut.

Baca Juga

Mengutip dari The42, Jumat (16/2/2024), laporan Lanskap Keuangan dan Investasi Klub Eropa UEFA menemukan tiga skuad klub lain – Manchester City, Chelsea, dan Real Madrid – menelan biaya transfer lebih dari satu miliar euro berdasarkan angka keuangan akhir tahun yang terakhir mereka ungkapkan. Angka terbaru Chelsea dihitung hingga akhir tahun pada 30 Juni 2022, dan oleh karena itu tidak termasuk pengeluaran besar mereka pada musim panas tahun itu atau jendela Januari 2023.

Manchester United telah menjadi salah satu dari 15 klub papan atas Inggris yang diakui dalam laporan tersebut sebagai bagian dari grup investasi multi-klub, dengan pembelian 25 persen saham oleh pendiri Ineos, Sir Jim Ratcliffe, hampir selesai. Ineos juga memegang saham mayoritas di klub Prancis Nice dan klub Swiss Lausanne.

Selain itu, ditemukan bahwa secara keseluruhan, 105 klub divisi teratas Eropa (13 persen dari total jumlah) memiliki hubungan lintas investasi dengan satu atau lebih klub lain. Terdapat 31 pembelian saham mayoritas dan tujuh pembelian saham minoritas pada tahun 2023 oleh kelompok yang memegang saham di setidaknya satu klub Eropa lainnya.

Namun, rata-rata kurang dari satu transfer per klub sebenarnya dilakukan dalam struktur multi-klub yang sama. Ketika ukuran kelompok investasi multi-klub meningkat, proporsi tersebut bahkan menurun (0,6 transfer per klub pada tahun 2023 dibandingkan dengan 0,8 pada tahun 2021), menunjukkan bahwa tren investasi multi-klub tidak sepenuhnya didorong oleh pertimbangan transfer pemain.

Direktur keberlanjutan keuangan dan penelitian UEFA, Andrea Traverso mengatakan lebih dari 300 klub menjadi bagian dari grup investasi multi-klub, sehingga meningkatkan risiko melihat dua klub dengan pemilik atau investor yang sama saling berhadapan dalam kompetisi yang sama sehingga menciptakan potensi risiko integritas di tingkat Eropa.

"Konteks saat ini menuntut penegakan peraturan pengendalian biaya yang ketat dan lebih banyak harmonisasi peraturan keuangan antar liga. Hal ini sangat penting untuk membatasi pengeluaran berlebihan, ‘keuangan kreatif’, dan pengelakan peraturan. Selama perbedaan peraturan utama masih terjadi antar liga, ketegangan inflasi akan terus berlanjut, sehingga berkontribusi terhadap ketidakseimbangan dan ketidakstabilan," kata Traverso.

Di tempat lain, laporan tersebut menemukan pengeluaran untuk gaji pemain turun 1,1 persen di antara klub-klub dengan 20 klub dengan tagihan gaji pemain terbesar, dengan Manchester United menghabiskan 88 juta euro lebih sedikit untuk gaji pemain pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara Barcelona dan City mengalami peningkatan besar dalam pengeluaran gaji pemain – masing-masing sebesar 158 juta euro dan 68 juta euro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement