Selasa 20 Feb 2024 11:04 WIB

Tangan Besi, Belum Semusim De Laurentiis Pecat Dua Pelatih Napoli

Napoli kini langsung punya pelatih baru.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Presiden SS Soccer Napoli Aurelio De Laurentiis
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO ONORATI
Presiden SS Soccer Napoli Aurelio De Laurentiis

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Napoli kembali memecat pelatih. I Partenopei baru saja memutuskan untuk tak lagi bekerja sama dengan Walter Mazzarri.

Sesuatu yang sulit dihindari. Itu karena rentetan hasil buruk pasukan biru langit di era Mazzarri. Sebagai gantinya, mereka mendatangkan juru taktik tim nasional Slovakia, Francesco Calzona.

Baca Juga

Pada November 2023 lalu, Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, memecat Rudi Gardia. Alasannya sama. Garcia tak bisa mengeluarkan potensi terbaik klub tersebut.

Vicktor Osimhen dan rekan-rekan merupakan juara bertahan Serie A. Wajar jika ekspektasinya tinggi saat ini. Minimal harus meramaikan persaingan di papan atas.

Namun, sepeninggal Luciano Spalletti, permainan Napoli seperti tak memiliki identitas. Garcia kesulitan membuat I Partenopei bersaing. De Laurentiis lantas membuat keputusan mengejutkan.

Sang presiden memulangkan Mazzarri ke Naples. Setelah 10 tahun berpisah, allenatore kelahiran San Vincenzo itu kembali ke eks klubnya. Ia diharapkan meningkatkan performa Giovanni Di Lorenzo dkk.

Hasilnya tak sesuai yang diharapkan. Di era Mazzarri, Napoli hanya meraih enam kemenangan dari 17 pertandingan di semua kompetisi. Selebihnya, pasukan biru langit merasakan delapan kekalahan, dan mendapat tiga hasil imbang.

Alhasil, Mazzarri didepak. Manajeman bergerak cepat mencari pengganti. Periode krusial menanti I Partenopei. Peraih scudetto musim lalu itu akan berhadapan dengan Barcelona pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim 2023/24.

"Seperti dirinci Gianluca Di Marzio, Napoli telah mengkonfirmasi keputusannya memecat Mazzarri, dan kini siap menyambut Calzona yang akan menandatangani kontrak berdurasi enam bulan, dan memimpin skuad hingga akhir musim," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Selasa (20/2/2024).

Pada saat yang sama, Calzona tetap bertugas sebagai arsitek timnas Slovakia.  The Falcons lolos ke Euro 2024. Sempat dikabarkan Marek Hamsik bakal digaet untuk menjadi salah satu staf kepelatihan.

Belakangan, isu tersebut tidak menjadi kenyataan. Calzona akan langsung memimpin sesi latihan Napoli sejak Selasa, jelang duel kontra Barca. Partai ini dimainkan di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Kamis (22/2/2024) pukul 03.00 WIB.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement