Jumat 23 Feb 2024 13:31 WIB

Toni Kroos Umumkan Pensiun dari Sepak bola Internasional Usai Membela Jerman Euro 2024

Kroos sudah merasa saatnya mundur.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Gelandang Real Madrid dan Jerman Toni Kroos.
Foto: EPA-EFE/Filip Singer
Gelandang Real Madrid dan Jerman Toni Kroos.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, mengungkapkan bahwa ia akan pensiun dari sepak bola internasionalnya usai memperkuat Jerman di Kejuaraan Eropa musim panas ini di kandang sendiri.

Kroos, yang berusia 34 tahun, mundur dari tugas internasional pada Juli 2021 setelah Jerman tersingkir secara memalukan dari Euro 2020, tetapi telah lama menghadapi panggilan untuk kembali ke turnamen musim panas ini, yang akan diadakan di Jerman.

Baca Juga

Pelatih Jerman, Julian Nagelsmann, telah berulang kali membiarkan pintu terbuka untuk kemungkinan kembalinya Kroos, mengakui pada akhir 2023 bahwa sang gelandang harus memutuskan apakah kembali ke tim nasional merupakan hal yang tepat baginya.

Mengambil Instagram untuk mengonfirmasi keputusannya, Kroos mengungkapkan bahwa ia akan kembali ke panggung internasional pada jeda internasional berikutnya di bulan Maret.

"Saya akan bermain untuk Jerman lagi pada bulan Maret," tulisnya. "Mengapa? Karena saya diminta oleh pelatih, saya sedang dalam mood dan saya yakin, dengan tim di Kejuaraan Eropa, lebih banyak hal yang mungkin terjadi daripadayang diyakini sebagian besar orang saat ini."

Jerman mencari penebusan di musim panas ini setelah dua hasil mengecewakan di turnamen besar terakhir.

Die Mannschaft tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 sebelum mereka melaju ke babak 16 besar Euro 2020, di mana mereka disingkirkan oleh Inggris. Di antara dua hasil buruk tersebut, Jerman hampir terdegradasi dari Nations League A sebelum perombakan kompetisi membuat mereka tetap berada di papan atas.

Kroos mengakhiri kariernya dengan 106 caps, namun sang pemain Real Madrid akan menambah jumlah penampilannya di bulan Maret. Jerman akan bertandang ke Prancis pada 23 Maret sebelum menjamu Belanda tiga hari kemudian.

Saat ini berada di urutan kesembilan dalam daftar penampilan sepanjang masa Jerman, Kroos membutuhkan tiga gol lagi untuk menyalip Jurgen Klinsmann di urutan kedelapan. Philipp Lahm berada di urutan ketujuh dengan 113 penampilan - jika Jerman asuhan Kroos mencapai perempat final musim panas ini, ia dapat menyamai torehan mantan bek kanan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement