Sabtu 24 Feb 2024 09:49 WIB

Akui Jadi Masalah di Munchen, Tuchel: Tapi Saya Bukan Satu-Satunya

Tuchel resmi akan berpisah dengan Munchen akhir musim ini.

Bayern Munchen Thomas Tuchel.
Foto: AP Photo/Martin Meissner
Bayern Munchen Thomas Tuchel.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNCHEN -- Pelatih Bayern Muenchen Thomas Tuchel menegaskan bahwa dia bukan satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas penampilan buruk The Bavarian.

Dia menilai keputusan manajemen klub untuk berpisah dengannya pada akhir musim akan membuat dia mendapatkan kebebasan yang lebih banyak dalam mengambil keputusan selama sisa musim ini.

Baca Juga

Bayern pekan ini memutuskan pisah jalan dengan Tuchel begitu musim ini berakhir, meski kontrak pelatih itu masih berlaku hingga 2025. Keputusan ini diambil setelah Bayern menelan tiga kekalahan berturut-turut dalam semua kompetisi.

Tim raksasa dari Bavaria yang telah memenangkan 11 gelar juara liga terakhir, berada pada posisi kedua dalam klasemen Bundesliga. Mereka tertinggal delapan poin dari pemimpin klasemen Bayer Leverkusen yang mengalahkan mereka 3-0 pada 10 Februari.

“Tak masalah apakah saya memahami keputusan klub atau apakah saya senang atas keputusan itu,” kata Tuchel dalam konferensi pers menjelang laga melawan RB Leipzig pada Sabtu (23/2/2024). 

"Saat ini satu-satunya hal penting adalah adanya kejelasan. Kejelasan membawa kebebasan dan itu bagus untuk menghadapi pertandingan dan latihan," sambung Tuchel seperti dikutip laman ESPN pada Sabtu (24/2/2024). 

Dia menyatakan kebebasan akan membuat pelatih leluasa bertindak karena tak harus mempedulikan akibat jangka panjang dari tindakan itu.

Tuchel menggantikan Julian Nagelsmann pada Maret 2023 dengan ekspektasi tinggi, namun dia mengalami awal yang buruk ketika Bayern tersingkir dari Piala Jerman dan Liga Champions sebelum memastikan gelar juga Bundesliga pada pertandingan terakhir musim lalu.

Musim ini mereka tetap tidak dapat diprediksi, dengan tersingkir dari Piala Jerman setelah dikalahkan klub strata ketiga Saarbruecken.

Mereka juga tertinggal 0-1 dalam 16 besar Liga Champions setelah kalah di kandang Lazio, pada leg pertama pekan lalu. Kekalahan tandang 3-2 dari VfL Bochum pada Minggu semakin memukul hati Tuchel.

"Saya rasa bukan saya satu-satunya masalah namun saya menerima tanggung jawab saya. Saya tidak puas dengan cara kami bermain dan tak bahagia selama beberapa saat," kata Tuchel.

Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso, yang menjadi pemain Muenchen pada pada 2014-2017, disebut-sebut bakal menggantikan Tuchel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement