Rabu 06 Mar 2024 19:24 WIB

Jadi Mualaf Jelang Ramadhan, Legenda UFC Ini Malah Masih Ragu Jalani Puasa

Ia melihat puasa 29 hari sangatlah luar biasa.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Legenda UFC Royce Gracie. Sang legenda memutuskan memeluk agama Islam.
Foto: Dok. Twitter Royce Gracie
Legenda UFC Royce Gracie. Sang legenda memutuskan memeluk agama Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda mixed martial arts (MMA) Royce Gracie mengungkapkan dirinya sudah terbiasa puasa sebelum mualaf. Namun ia ragu bisa menjalani puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Ia mengungkapkan dirinya kerap berpuasa, tapi hanya untuk beberapa hari.

Hal itu diungkapkan Gracie dalam acara bincang-bincang bersama Uthman Ibnu Farooq dan Eddie Redzovic di kanal Youtube The Deen Show TV pada Ahad (3/3/2024). "Aku setuju dengan anakku jika aku mungkin tidak bisa melakukan (puasa) Ramadhan," kata Gracie dalam perbincangan itu. 

Baca Juga

Ia juga menceritakan dirinya sudah terbiasa untuk tidak makan apa-apa alias berpuasa, tapi hanya untuk beberapa hari. Tapi Utham menjelaskan dalam Islam, kewajiban berpuasa hanya diwajibkan dari terbit hingga tenggelamnya matahari dan itu dilakukan selama 29 hari. 

"Saya bisa tidak makan selama dua hari. Tapi untuk 29 hari, waah itu mungkin sulit," kata Gracie. 

photo
Para Petarung Kelas Dunia Memeluk Islam - (Republika)

Utham meyakinkan Gracie bahwa kunci dalam berpuasa hanya masalah disiplin. Menurut dia, kewajiban berpuasa selama bulan Ramadhan yang akan tiba dalam waktu dekat diyakini tidak akan memberatkan Gracie yang terbiasa hidup  disiplin sebagai seorang atlet.

"Ya, kunci berpuasa hanyalah disiplin," kata Uthman menanggapi.

Gracie juga mengatakan mungkin berat baginya untuk bangun sahur. "Di bulan Ramadhan itu kita makan di malam hari kan? Nah masalahnya saya juga lebih suka tidur di malam harinya. Saya bisa tidak makan apapun untuk beberapa hari, tapi saya tetap minum air. Itu disiplin yang saya lakukan selama ini," kata Gracie lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement