Sabtu 09 Mar 2024 15:54 WIB

Inter Ultah ke-116, Erick Thohir Bangga Pernah Menjadi Bagian dari Sejarah Nerazzurri

Erick Thohir pernah menjadi Presiden Inter Milan pada 2013-2018.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Andri Saubani
Legenda Inter Milan Javier Zanetti memegang Harian Republika bersama mantan Presiden Inter Milan, Erick Thohir.
Foto: dok. Mahaka
Legenda Inter Milan Javier Zanetti memegang Harian Republika bersama mantan Presiden Inter Milan, Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erick Thohir turut bereaksi di hari Ulang Tahun salah satu klub Raksasa Italia, Inter Milan. Hari ini, pada 09 Maret 2024, Inter berusia 116 tahun.

Inter nyaris meraih semua trofi di level domestik, Eropa, dan dunia. Erick pernah menjadi pemimpin di klub tersebut. Pengalaman luar biasa dalam hidupnya.

Baca Juga

"Bangga bisa menjadi bagian dari sejarah panjang Inter yang hari ini berusia 116 tahun. Sebuah kehormatan bagi saya bisa menjadi Presiden Inter Milan pada tahun 2013-2018," tulis sosok yang kini bertugas sebagai Ketua Umum PSSI dan Menteri BUMN itu, di instagramnya yang dikutip pada Sabtu (9/3/2024).

Pada 2013 lalu, Erick menjadi orang asia pertama yang memimpin klub besar di negeri spaghetti. Ia membeli 70 persen saham La Beneamata. Ia bergerak cepat membenahi manajemen. 

Saat itu, kondisi Inter jauh dari kata ideal. Selain kesulitan bersaing di papan atas, keuangan kubu biru hitam juga kurang sehat. Erick merekrut beberapa profesional yang sebelumnya pernah berkarier di Manchester United. 

Pada pertengahan 2016, valuasi Inter meningkat 16 persen. Itu menurut catatan Forbes. Berjalannya waktu, Nerazzurri kembali ke habitat alami.

Erick meninggalkan klub tersebut dalam keadaan sehat. Proses perpindahan tangan dari dirinya ke Suning Grup berlangsung perlahan. Dimulai dari pertenganan 2016 lalu, ia mengajak Suning berinvestasi ke Inter.

Lalu Erick tetap menjadi Presiden Inter Milan sampai Oktober 2018. Kini Suning sudah memiliki 68,55 persen di La Beneamata. Presiden Steven Zhang meneruskan tugas pendahulunya, dengan baik.

Inter dalam beberapa tahun terakhir, sudah kembali ke jalur semestinya. Pada 2021, klub tersebut meraih scudetto. Itu gelar Serie A pertama mereka setelah lebih dari satu dekade gagal berpesta.

Musim lalu, Inter lolos ke final Liga Champions. Kali ini, anak asuh Simone Inzaghi masih aktif di kompetisi domestik dan Eropa.  Lautaro Martinez dan rekan-rekan berstatus favorit.

Beberapa jam lagi, Nerazzurri akan berhadapan dengan tuan rumah Bologna pada giornata ke-28 Serie A musim 2023/24. Duel tersebut berlangsung di Stadion Renato Dall'Ara, Ahad (10/3/2024) pukul 00.00 WIB.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement