Rabu 20 Mar 2024 22:47 WIB

Nanti Jadi Pertemuan Ke-29 Indonesia Kontra Vietnam, Kesempatan Garuda Menjauh

Dari catatan head to head, sementara Indonesia sedikit lebih unggul.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Sandy Walsh di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/3/2024).
Foto: Republiika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Sandy Walsh di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perhatian penikmat sepak bola tanah air tertuju pada duel berkelas di depan mata. Timnas Indonesia akan bertemu Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Laga berlangsung di Jakarta. Tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB. Ini akan menjadi pertemuan ke-29 kedua tim, sepanjang sejarah, di berbagai kompetisi.

Baca Juga

Dari catatan head to head, sementara Indonesia sedikit lebih unggul. Awak merah-putih meraih sembilan kemenangan. Vietnam berjaya di delapan kesempatan. Sebanyak 11 partai lainnya, berkesudahan imbang.

Kesempatan tuan rumah menjauh. Hanya saja, ada fakta penting lainnya yang tak bisa dihilangkan. Pasukan Garuda belum  pernah menang atas the Golden Star Warriors, di GBK.

Sudah tiga kali, Indonesia menjamu sesama elite Asia Tenggara ini, di stadion keramat tersebut. Semuanya berakhir imbang. Dimulai dari SEA Games 1997 (2-2). Laga berlangsung pada Oktober 1997.

Lalu pada Piala Tiger 2002. Skor juga berkesudahan sama kuat 2-2. Laga dimainkan pada Desember 2002. Terakhir pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022. Skor kacamata alias 0-0 bertahan sampai pluit akhir berbunyi.

Terakhir kali Indonesia menang di kandang sendiri, atas Vietnam terjadi pada Piala AFF 2016. Skor 2-1 untuk keunggulan pasukan Garuda. Namun saat itu, pertandingan berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Awak merah putih berpeluang memutus rekor tak pernah  menang atas the Golden Star Warriors di GBK. Puluhan ribu penggemar siap membakar semangat skuat polesan Shin Tae-yong. Tiket pertandingan, terjual habis.

Indonesia dan Vietnam tergabung di Grup F pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka bersaing dengan Irak serta Filipina. Irak berada di singgasana, mengoleksi enam poin. 

Setelahnya the Golden Star Warriors, di kursi runner up. Anak asuh Troussier mengumpulkan tiga angka. Awak Garuda di urutan terakhir memiliki satu poin yang sama dengan Filipina di tempat ketiga. Marselino Ferdinan dkk mempunyai selisih gol lebih buruk dibandingkan skuat Azkals.

Berdasarkan fakta tersebut, maka kemenangan menjadi harga mati  bagi Indonesia. Menarik dinantikan bagaimana bigmatch ini berjalan. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di Piala Asia 2023. Indonesia menang 1-0 pada ajang yang baru berlangsung di awal 2024 itu.

 

  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement