Rabu 27 Mar 2024 17:20 WIB

Kobbie Mainoo Banjir Pujian Saat Bela Inggris Lawan Belgia

Mainoo dinilai memberikan opsi lain bagi lini tengah Inggris untuk Euro 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Gelandang timnas Inggris Kobbie Mainoo (kedua kanan) saat bermain melawan Belgia dalam laga persahabatan jelang Euro 2024.
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Gelandang timnas Inggris Kobbie Mainoo (kedua kanan) saat bermain melawan Belgia dalam laga persahabatan jelang Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Debut Kobbie Mainoo sebagai starter di timnas Inggris tak bisa dibilang manis dari sudut pandang tim. Sebab, Inggris hampir kalah sebelum akhirnya menyamakan skor 2-2 lewat gol injury time Jude Bellingham saat melawan Belgia dalam laga persahabatan di Stadion Wembley, Rabu (27/3/2024) dini hari WIB.

Namun dari sisi individual, penampilan Mainoo menuai pujian. Pelatih Inggris Gareth Southgate mengatakan, Inggris kini punya profil pemain lini tengah yang berbeda dari yang sudah ada dengan hadirnya Mainoo.

Baca Juga

Mainoo, gelandang Manchester United yang baru berusia 18 tahun, membuat debutnya berkostum The Three Lions sebagai pemain pengganti dalam kekalahan Inggris 0-1 dari Brasil, akhir pekan lalu. Dia kembali tampil mengesankan dalam formasi tiga lini tengah bersama Bellingham dan Declan Rice dengan penampilan yang mendapat pujian kuat dari Southgate.

"Kami sangat senang dengan apa yang telah dia lakukan, Anda benar-benar tidak dapat mempercayai usianya. Atributnya ada untuk dilihat semua orang, yaitu kemampuannya menerima tekanan dan menghadapi tantangan, memanipulasi bola di area sempit,” kata Southgate. 

Southgate juga memuji Jarrod Bowen dari West Ham dan Ivan Toney dari Brentford. Keduanya mungkin telah berhasil masuk ke dalam daftar 23 pemain Inggris untuk Piala Eropa 2024 di Jerman.

Toney, yang menjadi starter di lini depan saat kapten Harry Kane absen, mencetak gol penyeimbang pertama Inggris. Ia melakukan konversi dari titik penalti setelah dijatuhkan oleh Jan Vertonghen menyusul permainan build-up yang sangat baik dari Mainoo dan Bellingham.

"Pada usia 18 tahun saya mungkin bermain di Xbox dan dia berada di luar sana sebagai seorang pria dewasa dan bermain untuk Inggris,” kata Toney tentang Mainoo di Sky Sports News.  “Dia hanya meluncur dengan bola dan saya yakin masih ada lagi yang bisa dia lakukan dan dia akan langsung menuju puncak.”

Cedera yang dialami beberapa pemain tetap tim utama telah menghambat skuad Southgate. Namun ia mengakui ada sisi positif lainnya karena bisa menawarkan lebih banyak waktu bermain kepada pemain lain.

“Pastinya beberapa pemain muncul secara positif dari peluang yang mereka dapatkan. Jadi kami mungkin memiliki kedalaman yang lebih dalam dalam satu hal, tapi cedera merupakan satu kekhawatiran,"  kata Southgate.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement