Kamis 11 Apr 2024 04:42 WIB

Barcelona Buat PSG tak Berdaya, Menang di Paris Lewat Dua Gol Raphinha

Barcelona mengalahkan PSG 3-2 di Parc des Princes.

Winger Barcelona Raphinha merayakan golnya ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) dalam laga pertama perempat final Liga Champions.
Foto: AP Photo/Aurelien Morissard
Winger Barcelona Raphinha merayakan golnya ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) dalam laga pertama perempat final Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Winger timnas Brasil Raphinha mencetak dua gol untuk membantu Barcelona mengamankan kemenangan kandang Paris Saint-Germain, Parc des Princes, Paris. Blaugrana menjinakkan PSG 3-2 pada pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions, Kamis (11/4/2024) dini hari WIB.

Blaugrana mendominasi jalannya pertandingan sejak awal melawan tim asal Perancis yang masih mencari gelar Liga Champions pertama mereka. Raphinha membawa tim tamu memimpin dengan tendangan rebound di menit ke-37 setelah penjaga gawang Gianluigi Donnarumma gagal menghalau umpan silang dari kotak penalti.

Baca Juga

Donnarumma terlihat gugup sepanjang pertandingan, membuat kesalahan yang hampir membuat Barcelona mencetak gol pembuka di awal babak pertama. Sementara penyerang PSG Kylian Mbappe terisolasi tanpa pasokan. Sebab, Barcelona sangat piawai menutup alur bola dengan penjagaan sampai dua pemain bagi  penggawa tuan rumah yang coba menusuk dari sisi sayap.

Mbapp yang mencoba menjemput bola pun tak bisa berbuat banyak. Sebab, akan ada satu sampai dua pemain yang siap menutupnya dan tak memberinya opsi untuk melepaskan tendangan ke gawang. Kapten Prancis itu kerap terlihat frustrasi dalam usahanya di lini depan.

Namun, PSG terlihat berubah setelah jeda dengan pelatih Luis Enrique mengganti beberapa pemain dan memasukkan penyerang Bradley Barcola untuk menggantikan Marco Asensio.

Perubahan serangan ini menghasilkan gol penyeimbang pada menit ke-48 saat Ousmane Dembele mencetak gol ke pojok atas gawang. Barca masih terguncang saat tuan rumah kembali unggul melalui Vitinha yang menggetarkan gawang tim tamu dua menit kemudian dari serangan balik cepat.

Namun tendangan voli Raphinha pada menit ke-62 dari umpan panjang brilian pemain pengganti Pedri membuat pertandingan kembali imbang, membungkam pendukung tuan rumah.

Andreas Christensen kemudian memanfaatkan kesalahan Donnarumma yang tidak bergerak untuk melompat di dalam kotak penalti dan menyundul bola dari tendangan sudut 13 menit jelang bubaran. Gol Christensen memberikan keunggulan tipis bagi tim asal Spanyol itu menjelang leg kedua pekan depan.

"Ini adalah malam yang spektakuler, tidak hanya bagi saya, tetapi juga bagi tim," kata Raphinha kepada wartawan.

"Kami telah bekerja sangat keras untuk tampil dan bermain seperti yang kami lakukan, menunjukkan kegigihan kami dengan atmosfer yang baik adalah tanda yang sangat positif untuk melangkah ke depan."

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement