Kamis 11 Apr 2024 19:42 WIB

10 Fakta Menarik Kemenangan Atletico dari Dortmund di Estadio Metropolitano

Atletico mengalahkan Dortmund 2-1 di Estadio Civitas Metropolitano.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain Atletico Madrid Samuel Lino melepaskan percobaan ke gawang Borussia Dortmund pada laga pertama perempat final Liga Champions.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pemain Atletico Madrid Samuel Lino melepaskan percobaan ke gawang Borussia Dortmund pada laga pertama perempat final Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Atletico Madrid meraih hasil positif saat bertemu Borussia Dortmund pada leg pertama perempat final Liga Champions musim 2023/24. Atletico unggul 2-1 atas Dortmund di Estadio Metropolitano, Madrid, Kamis (11/4/2024) dini hari WIB.

Tampil di markas sendiri membuat Los Colchoneros menggebrak sejak awal. Tak butuh waktu lama bagi tuan rumah untuk memimpin. Pada menit keempat, Antoine Griezmann merobek jala Dortmund. Ia memanfaatkan kesalahan koordinasi di lini belakang kubu. 

Baca Juga

Griezmann melakukan tekanan pada momen tepat. Ia lantas memperdaya kiper lawan dengan tenang.

Pada menit ke-32, Atletico memperlebar jarak. Kali ini Samuel Lino mencatatan nama di papan skor. Keunggulan 2-0 wakil Spanyol itu, bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Borussia Dortmund tak memiliki pilihan lain. Dortmund menaikkan garis pertahanan, mengurung pertahanan Los Rojiblancos. Elite Jerman ini menciptakan beberapa peluang emas. 

Gol yang ditunggu kubu Die Borussen datang juga. Tepatnya di menit ke-81. Sepakan Sebastian Haller merobek jala Jan Oblak. Sayang, sampai duel usai, anak asuh Edin Terzic tak mampu menyamakan kedudukan.

Setidaknya, mereka memiliki tabungan satu gol. Sebuah modal berharga menuju leg kedua di Jerman. Dikutip dari UEFA.com dan whoscored, berikut sejumlah fakta angka menarik dari pertandingan di Estadio Metropolitano.

17

Atletico Madrid tak terkalahkan dalam 17 pertandingan kandang di babak sistem gugur Liga Champions di era Diego Simeone. Perincianya, Los Colchoneros meraih 11 kemenangan dan mendapat enam hasil imbang.

1

Sejak mengalahkan Bayer Leverkusen 1-0 pada penyisihan grup Liga Champions musim 2019/2020, ini pertama kalinya Atletico Madrid kembali merasakan kemenangan saat bertemu tim Jerman. Sebelumnya, dalam enam kesempatan, Atletico merasakan empat kekalahan dan mendapat dua hasil imbang.

6

Sebelum pertandingan ini, gawang Atletico Madrid tidak kebobolan pada enam partai kandang di perempat final Liga Champions.

3.58

Rodrigo De Paul mencetak gol tercepat kedua Atletico di Liga Champions (3 menit 58 detik). Rekor tercepat masih dipegang Saul Niguez. Saul membobol jala Liverpool pada 2020 di menit ketiga lebih 46 detik.

2

Atletico Madrid selalu menang dalam dua pertandingan terakhir di berbagai ajang.

7

Sebelum laga ini, Dortmund tak terkalahkan di tujuh partai Liga Champions. Selama periode tersebut, Die Borussen meraih empat kemenangan dan mendapat tiga hasil imbang.

5

Dortmund kini selalu mengalami kekalahan pada lima partai terakhir di perempat final Liga Champions.

12

Penyerang Dortmund, Sebastian Haller kini mencetak 12 gol dari 13 penampilan terakhirnya di Liga Champions.

8

Dortmund belum pernah menang di delapan partai tandang perempat final kompetisi Eropa, sejak terakhir kali mengalahkan Auxere di Liga Champions musim 1996/1997. Perinciannya, wakil Jerman ini merasakan lima kekalahan dan mendapat tiga hasil imbang.

2

Dortmund selalu mengalami kekalahan di dua partai terakhir di berbagai ajang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement