Sabtu 20 Apr 2024 17:56 WIB

Garansi Perpanjangan Kontrak STY Jika Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

PSSI menginginkan Garuda Muda setidaknya lolos ke delapan besar Piala Asia U-23 2024.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Pelatih timnas U-23 Shin Tae-Yong.
Foto: Dok Republika
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Pelatih timnas U-23 Shin Tae-Yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan kontrak pelatih Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia akan diperpanjang hingga 2027 jika pelatih asal Korea Selatan itu berhasil membawa timnas Indonesia U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Ia menegaskan hubungan PSSI dengan STY adalah hubungan profesional, dan ada target-target yang harus dicapai.

"Itu kan sebuah komitmen yang kita udah sepakat sama-sama bahwa ada target-target untuk coach STY sebagai profesional dan dari saya sebagai profesional punya kesepakatan. Nah jadikan jangan dipolemikan gitu. Jadi sudah ada hal-hal yang disepakati," kata Erick kepada awak media, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga

"Ya kan sampai 2027 (perpanjangan kontrak). Ya 2027 saya udah ngomong," ujarnya. 

Pelatih asal Korea Selatan itu sebelumnya sudah sukses membawa timnas Indonesia senior lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Pencapaian itu sudah sesuai dengan target yang diberikan oleh PSSI. Selanjutnya, PSSI menginginkan Garuda Muda setidaknya lolos ke delapan besar Piala Asia U-23 2024.

"Bagaimana kalau gak lolos 8 besar? Ya itu baru penilaian yang berbeda. Tetapi saya bersama PSSI kita berdiri tegak di atas wilayah profesionalisme. Ketika kita bersepakat itu yang kita pegang," kata dia.

Kendati demikian, Erick mengakui sejauh ini puas dengan kinerja yang ditunjukkan Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia. "Puas gak (dengan kinerja STY)? Ya puas," ujarnya. 

Timnas Indonesia U-23 saat ini duduk di peringkat kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan koleksi tiga poin. Garuda Muda tertinggal dari Qatar (enam poin) namun unggul dari Yordania dan Australia yang sama-sama punya satu poin. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Yordania yang akan berlangsung pada Ahad (21/4/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement