Sabtu 04 May 2024 11:37 WIB

Indonesia Ungguli Korea Selatan 2-1, Butuh Satu Kemenangan Menuju Final Uber 2024

Dua poin disumbangkan Gregoria Mariska Tunjung dan Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Gregoria Mariska Tunjung saat beraksi di semifinal Piala Uber 2024.
Foto: Dok Humas PBSI
Gregoria Mariska Tunjung saat beraksi di semifinal Piala Uber 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim bulu tangkis putri Indonesia membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melangkah ke final Piala Uber 2024. Ini setelah Gregoria Mariska Tunjung dkk mengungguli Korea Selatan dalam duel semfinal yang dimulai pada Sabtu (4/5/024) pagi.

Gregoria menyumbangkan poin pertama setelah mengalahkan Sim Yu-jin dua gim langsung 21-15 dan 21-13  Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China. Ia hanya butuh 32 menit untuk mengamankan kemenangan.

Baca Juga

“Puji Tuhan, saya bisa membuka poin pertama untuk Indonesia,” kata Gregoria usai pertandingan.

Gim pertama dibuka dengan cukup mulus bagi Gregoria. Tunggal putri peringkat sembilan dunia itu segera memegang kontrol dan mendominasi jalannya pertandingan.

Meski sang tunggal putri muda Korea Selatan bisa sedikit demi sedikit meraih angka, Gregoria tidak lengah dan tetap menjaga optimismenya hingga membungkus kemenangan gim pertama dengan skor 21-15.

“Di pertandingan ini, aku hanya mempersiapkan keberanian aku karena line-up tidak sesuai ekspektasi sebelumnya. Aku mencoba untuk lebih rileks, apalagi terakhir kali ketemu lawan aku kalah. Jadi, aku mencoba untuk lebih tenang dan tidak menggebu-gebu dan aku lebih nyaman di lapangan daripada lawanku,” ungkap Gregoria.

Berlanjut ke gim kedua, Gregoria tetap percaya diri meskipun Sim berusaha untuk mengejar ketertinggalannya. Kualitas pukulan dan pertahanan solid Gregoria pun semakin menyulitkan bagi lawan untuk meraih angka.

Juara Kumamoto Masters 2023 itu pun akhirnya meraih matchpoint pertamanya di gim kedua, lalu segera membungkus kemenangan 21-13.

Pada partai kedua, ganda putri terbaik Indonesia gagal memberikan poin. Apriyani Rahayu/Siti Fadia harus mengakui keunggulan Baek Ha-na/Lee So-hee dengan skor 6-21 dan 18-21.

"Kami tetap bersyukur karena sebelum pertandingan selanjutnya, khususnya Olimpiade nanti, kami bisa bertemu Lee/Baek lagi. Tidak jauh berbeda secara pola permainan tapi hari ini, saya memang harus meningkatkan lagi konsistensi pukulan, pikiran dan mentalnya. Melawan mereka harus telaten. Selain itu, saya akui kondisi fisik saya belum kembali 100 persen dan itu terasa sekali tadi," kata Apri dalam keterangan media PBSI.

Namun, Indonesia kembali unggul setelah Ester Nurumi Tri Wardoyo mengatasi perlawanan ketat Kim Ga-ram dengan skor 20-22, 21-16, dan 21-12. Ester butuh satu jam tujuh menit untuk menyumbangkan poin kedua Masih ada dua partai yang mempertemukan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto melawan Jeong Na-eun/Kong Hee-yong dan Komang Ayu Cahya Dewi melawan Kim Min-sun. Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi.

Hasil semifinal Piala Uber 2024 

Gregoria Mariska Tunjung 21-15, 21-13 Sim Yu-jin

Apriyani Rahayu/Siti Fadia 6-21, 18-21 Baek Ha-na/Lee So-hee

Ester Nurumi Tri Wardoyo 20-22, 21-16, 21-12 Kim Ga-ram

Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs Jeong Na-eun/Kong Hee-yong

Komang Ayu Cahya Dewi vs Kim Min-sun

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement