Senin 06 May 2024 23:42 WIB

Upaya PSSI Berbuah Hasil, Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Guinea U-23 Disiarkan Langsung!

Pertandingan yang awalnya berjalan tertutup, kini akan disiarkan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Skuad Timnas U-23 Indonesia.
Foto: Dok PSSI
Skuad Timnas U-23 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laga play-off Olimpiade Paris 2024 antara timnas Indonesia U-23 melawan Guinea U-23 yang sebelumnya dikabarkan akan digelar secara tertutup telah resmi akan disiarkan secara langsung di saluran televisi nasional, RCTI. Laga tersebut akan berlangsung pada Kamis (9/5/2024), kick off pukul 20.00 WIB.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menjelaskan hak siar itu diperoleh melalui proses tender. Arya mengatakan PSSI langsung mencari cara agar pertandingan bisa ditayangkan setelah mendapatkan informasi akan digelar secara tertutup. Namun sempat ada kebingungan apakah laga itu di bawah naungan IOC atau FIFA.

Baca Juga

"Ini kan playoff antar dua konfederasi, satu Afrika, satu Asia. Kami kemarin mencari hostnya siapa. Karena dalam rangka playoff Olimpiade, apakah IOC atau FIFA. Ternyata FIFA. Kami kejar, kalau perlu kami yang produksi siarannya," kata Arya, Senin (6/5/2024).

Namun, kata Arya, FIFA ternyata sudah siap memproduksi sendiri siaran pertandingan tersebut. Akhirnya, kata dia, RCTI hanya memiliki hak siar melalui proses tender.

"Ternyata mereka sudah menyiapkan siarannya. Kemudian sudah menyiapkan dan tender. Jadi kemarin tendernya itu sekitar 2-3 hari lalu, tender dan dapat pemenangnya dan diketahui pemenangnya bahwa itu bisa disiarkan di televisi," ujar Arya.

Ia mengungkapkan gerak cepat dilakukan PSSI agar masyarakat Indonesia bisa menyaksikan langsung perjuangan tim Garuda Muda untuk membuat sejarah baru lolos ke Olimpiade dengan satu peluang terakhir yang tersisa. Karena jauh sebelum ini, Indonesia juga pernah hampir lolos ke Olimpiade Montreal 1976. Namun timnas sepak bola Indonesia gagal di langkah terakhir ketika kalah adu penalti dari Korea Utara. 

"Paling tidak ini usaha maksimal yang bisa kami lakukan. Hanya berapa jam setelah pertandingan melawan Irak kemarin kami langsung kerja semua tim untuk itu. Mudah-mudahan dengan langkah itu semua penonton kita masyarakat Indonesia bisa menyaksikan perjuangan timnas kita dan mendukung mereka," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement