Jumat 17 May 2024 17:25 WIB

Manajer Timnas Ungkap Alasan Elkan tak Dipanggil untuk Laga Kualifikasi Piala Dunia

Elkan Baggott tak masuk daftar 22 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
 Elkan William Tio Baggott
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Elkan William Tio Baggott

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Absennya Elkan Baggott dalam daftar pemanggilan pemain timnas Indonesia oleh PSSI sempat menimbulkan tanda tanya. Elkan tak masuk daftar 22 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong bergabung untuk agenda bulan depan.

Timnas Indonesia bakal melakoni tiga pertandingan pada Juni 2024, satu pada laga uji coba, dan dua lainnya pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Baca Juga

Beragam reaksi terdengar di media sosial. Penggemar dan pengamat, ramai-ramai membahas tak disertakannya Elkan di skuad Garuda terkini. Rupanya, yang terjadi murni karena hal teknis. Tidak ada alasan di luar sepak bola seperti polemic yang berkembang di media sosial. 

"Elkan Baggott tidak dipanggil, dikarenakan pemain di posisi stopper itu  sudah cukup. Coach Shin (Tae-yong) merasa belum perlu memanggil Baggott, dikarenakan posisi yang dibutuhkan itu sudah sesuai dengan kebutuhan tim," kata manajer timnas Indonesia Sumardji saat dikonfirmasi Republika, Jumat (17/5/2024).

Sebelumnya, Elkan dipanggil STY untuk membela timnas Indonesia U-23 menghadapi Guinea U-23 pada playoff memperebutkan tiket Olimpiade. Saat itu, Garuda Muda kekurangan bek tengah karena Justin Hubner harus kembali ke Cerezo Osaka dan Rizky Ridho Ramadhani terkena skorsing karena menerima kartu merah.

Itu membuat peran Elkan sangat vital. Sayang, bek Ipswich Town yang menjalani masa peminjaman di Britsol Rovers itu, tidak bisa bergabung dengan rekan-rekannya di Paris. Beredar kabar, dua klub sang bek menolak melepas palang pintu 21 tahun itu. Namun muncul spekulasi Elkan tak merespons pemanggilan tersebut.

Dalam sebuah konferensi pers, STY meminta media di Tanah Air membuat penilaian sendiri. Ia enggan menghakimi. Fakta menunjukkan kompetisi di Inggris sudah selesai, jelang playoff. Lalu setelah ikut merayakan keberhasilan Ipswich lolos ke Liga Primer, Elkan terlihat berlibur. 

"Untuk Elkan, mungkin dari media Indonesia bisa mengikuti jadwal dan cari tahu. Itu bisa dilihat sendiri ya," kata juru taktik asal Korea Selatan itu.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement