Selasa 21 May 2024 02:31 WIB

Yang Perlu Diketahui Fans Liverpool Tentang Pelatih Baru Tim Kesayangan Mereka, Arne Slot

Musim lalu, Slot membawa Feyenoord meraih gelar liga pertama mereka sejak 2017.

Pelatih baru Liverpool Arne Slot.
Foto: EPA-EFE/Bart Stoutjesdijk
Pelatih baru Liverpool Arne Slot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool pada Senin (20/5/2024) mengonfirmasi Arne Slot akan menjadi pelatih baru The Reds musim depan. Slot akan menggantikan Jurgen Klopp yang memutuskan pergi setelah delapan tahun bertugas di Anfield.

Manajemen Liverpool tak salah pilih. CV pelatih asal Belanda berusia 45 tahun itu cukup menjanjikan untuk menukangi klub asal Kota Pelabuhan tersebut. Berikut yang perlu fans Liverpool ketahui tentang Slot dan sepak terjangnya.

Baca Juga

Karier Bermain

Slot lahir pada 17 September 1978 di Bergentheim, Belanda. Ia memulai karier bermain di klub kampung halamannya, klub amatir VV Bergentheim, sebelum pindah ke FC Zwolle (sekarang PEC Zwolle).

Sang gelandang menghabiskan seluruh karier bermainnya di Belanda, dimulai dan diakhiri di Zwolle. Dia menyelesaikan periode pertamanya di klub pada 2002 sebagai pencetak gol terbanyak mereka. Zwolle memenangi promosi ke Eredivisie.

Namun Slot hijrah ke NAC Breda, di mana ia menghabiskan lima musim sebelum bergabung dengan Sparta Rotterdam. Ia kembali ke Zwolle pada 2009 dan pada musim terakhirnya, 2012/2013, Slot akhirnya bisa bermain di kompetisi papan atas bersama klub tersebut.

Karier Kepelatihan

Setelah pensiun sebagai pemain, Slot tetap di Zwolle sebagai pelatih muda sebelum bekerja sebagai asisten manajer Henk de Jong di Cambuur. Ia kemudian ditunjuk sebagai pelatih sementara di sana.

Slot menjadi asisten John van den Brom di AZ Alkmaar dan mengambil alih jabatan manajer untuk musim 2019/2020. Timnya memiliki poin yang sama dengan pemuncak klasemen Ajax Amsterdam ketika musim berakhir sebelum waktunya karena pandemi COVID-19.

Tidak ada gelar liga yang diberikan pada musim itu, dan pada Desember musim berikutnya, Slot dipecat oleh AZ. Alasannya, pihak klub mendengar dia sedang dalam pembicaraan dengan Feyenoord untuk menggantikan Dick Advocaat pada akhir musim 2020/2021.

Di bawah Advocaat, Feyenoord finis kelima, terpaut 29 poin dari juara Ajax, dan 12 poin di belakang AZ di urutan ketiga. Pada musim pertamanya, 2021/2022, Slot membawa Feyenoord ke posisi ketiga, serta mencapai final Liga Konferensi Europa untuk pertama kalinya. Sayang, timnya kalah dari AS Roma.

Musim lalu, Slot membawa Feyenoord meraih gelar liga pertama mereka sejak 2017, unggul tujuh poin dari PSV Eindhoven. Musim ini, mereka tidak bisa mempertahankan gelar. Sebab, PSV tampil impresif dengan kalah sekali, sementara Feyenoord menderita kekalahan dua kali, sama seperti musim lalu. Namun Feyenoord masih bisa mengangkat Piala KNVB dengan kemenangan 1-0 atas NEC Nijmegen, bulan lalu.

Selain sepak bolanya yang dinamis, menyerang, dan berbasis penguasaan bola, Slot juga dipilih Liverpool karena kemampuannya dalam mengembangkan pemain muda. Dia akan mulai bekerja di Anfield pada 1 Juni 2024.

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement