Rabu 22 May 2024 10:50 WIB

Kiprah Mauricio Pochettino: Moncer Saat Jadi Pemain, Diperhitungkan Sebagai Pelatih

Mauricio Pochettino mundur dari kursi pelatih Chelsea.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Chelsea Mauricio Pochettino
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Pelatih Chelsea Mauricio Pochettino

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun mampu mengantarkan Chelsea finis di posisi enam klasemen akhir Liga Primer Inggris musim ini, pelatih Mauricio Pochettino memutuskan mundur dari klub London tersebut. Ia pergi bersama empat asisten pelatih yang selama ini mendukungnya di Stamford Bridge;

Pria asal Argentina kelahiran 2 Maret 1972 ini termasuk sosok yang diperhitungkan sebagai pelatih. Sebagai pemain, ia juga termasuk sosok yang disegani.

Baca Juga

Berikut perjalanan panjang Pochettino sejak bermain sampai pergi meninggalkan Chelsea.

Karier bermain 

Berposisi sebagai bek tengah, ia memulai kariernya sebagai pemain Newell's Old Boys pada 1988, mencatatkan debut pada usia 16 tahun. Pochettino meraih gelar pertamanya pada 1991 saat Newell's menjadi juara Divisi Primera Argentina.

Sukses ini membuatnya ditarik oleh klub Spanyol Espanyol pada 1994. Di sana, ia membuat lebih dari 200 penampilan dan memenang Copa del Rey sebelum bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) pada tahun 2000.

Ia mencatatkan debutnya bersama timnas Argentina pada tahun 1999 dan mencatatkan 20 caps. Pochettino bermain di Piala Dunia 2002, di mana ia kebobolan melalui tendangan penalti yang dicetak oleh David Beckham saat Inggris menang 1-0 di fase grup.

Ia meninggalkan PSG untuk bergabung dengan Girondins de Bordeaux pada 2003, tapi kesulitan untuk menetap di selatan Prancis dan bergabung kembali dengan Espanyol sebagai pemain pinjaman pada paruh kedua musim itu.

Ia dijuluki 'Sheriff of Murphy' merujuk kepada tempat ia dibesarkan. Pochettino bertahan di Espanyol secara permanen pada 2003 dan kembali menjuarai Copa del Rey pada 2006 sebelum pensiun pada usia 34 tahun.

Karier kepelatihan 

Setelah pensiun...

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement