Jumat 24 May 2024 11:43 WIB

Pencetak Hattrick di Final Liga Europa Ini Selalu Dapat Dukungan dari Pelatih Masa Kecil

Lookman menjadi bintang pertunjukan di Final Liga Europa.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Leverkusen Vs Atalanta di Final Liga Europa 2023/2024.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Leverkusen Vs Atalanta di Final Liga Europa 2023/2024.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Pelatih masa kecil Ademola Lookman hampir menangis saat berbicara dengan TNT Sports pada Kamis (23/5/2024) tentang harga dirinya setelah pemain internasional Nigeria itu membimbing Atalanta meraih mahkota Liga Europa yang menakjubkan dengan menaklukkan Bayer Leverkusen yang tak terkalahkan dengan skor 3-0.

Lookman menjadi bintang pertunjukan saat rekor tak terkalahkan Bayer Leverkusen yang luar biasa akhirnya berakhir hanya dalam dua pertandingan dari akhir musim mereka, dengan mantan penyerang Everton itu mencetak hat-trick.

Baca Juga

Gol pertamanya tercipta dari dalam kotak penalti, saat ia menaklukkan seorang bek untuk meneruskan umpan silang ke gawang dan membawa tim Italia itu unggul 1-0, sebelum gol kedua dilakukan dengan sempurna dari tepi kotak penalti. Adapun gol ketiganya dicetak sang penyerang ke sudut kanan atas gawang dari sisi kiri kotak penalti, mengakhiri malam indah bagi bintang Nigeria kelahiran Inggris itu. 

Setelah pertandingan, pelatih masa kecil yang sangat emosional, Felix, diundang ke TNT Sport untuk berbicara tentang mantan pemainnya, dan mengakui bahwa dia telah bermimpi tentang malam itu. "Saya mengirimkan pesan kepadanya sebelum setiap pertandingan," kata Felix kepada TNT dalam sebuah wawancara di mana ia tak mampu menahan air mata.

Musim yang luar biasa, lolos ke Liga Champions, final Piala Italia, dan sekarang final Liga Europa. Saatnya memberi hiasan pada kue dan saatnya menampilkan salah satu pertunjukan ala Waterloo. 

"'Saat Anda masih kecil, Anda percaya bahwa Anda berada di posisi yang tidak dapat dimainkan, imajinasi, kreativitas, sepak bola menyerang yang agresif, dan penyelesaian akhir yang tenang - Anda akan membutuhkan semua atribut ini untuk menjadi pemenang pada malam itu. Mainkan dengan baik temanku dan nikmatilah. Mainkan permainannya dan bukan emosimu. Tuhan memberkati dan sampai jumpa nanti!'," kata Felix saat membacakan salah satu pesannya.

Lookman memulai karirnya di Waterloo di mana dia bertugas selama sekitar lima tahun antara 2008-2013 sebelum bergabung dengan Charlton Athletic. Setelah dua tahun di tim senior, ia berangkat ke Everton, sebelum bergabung dengan RB Leipzig, Fulham dan Leicester dalam perjalanan ke Atalanta, di mana ia menikmati periode terbaik dalam kariernya. 

Bermain dalam berbagai peran mulai dari striker, penyerang sayap, hingga striker kedua, Lookman telah mencetak 15 gol dan 11 assist di semua kompetisi musim ini, tetapi aksi heroik pada Kamis tidak diragukan lagi akan menjadi sorotan. 

"Saya tidak bisa menceritakan emosi saya kepada Anda. Astaga, aku sudah memimpikan hal ini sejak lama sejak dia masih kecil di Waterloo. Saya hanya ingin menyampaikan beberapa patah kata kepada beberapa pelatih di Waterloo, semua orang yang telah bekerja dengan Ademola untuk mencoba membawanya ke tempatnya sekarang," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement