Selasa 28 May 2024 16:14 WIB

Pilih Bertahan di Ipswich Town, Pelatih Klub Elkan Baggott Ini Tolak MU dan Chelsea

Kieran McKenna menarik perhatian Manchester United dan Chelsea.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih Ipswich Town Kieran McKenna (kanan) saat masih menjadi asisten pelatih di Manchester United (MU). MU dilaporkan Sky Sports membidik McKenna sebagai pelatih kepala mereka pada musim depan.
Foto: EPA-EFE/Alastair Grant
Pelatih Ipswich Town Kieran McKenna (kanan) saat masih menjadi asisten pelatih di Manchester United (MU). MU dilaporkan Sky Sports membidik McKenna sebagai pelatih kepala mereka pada musim depan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama Kieran McKenna sedang mendapat sorotan di sepak bola Inggris. Itu karena keberhasilannya membawa Ipswich Town lolos ke Liga Primer musim depan. The Tractor Boys finis di peringkat kedua klasemen akhir Divisi Championship. 

Kinerja pelatih 38 tahun itu memancing perhatian. Sejumlah klub elite teratas memantaunya. Ada Manchester United, Chelsea FC, juga Brighton & Hove Albion. 

Baca Juga

United masih bersama Erik ten Hag. The Red Devils baru saja menjuara Piala FA. Namun itu tidak otomatis membuat nasib Ten Hag aman. Manajemen tetap melakukan evaluasi. Pasalnya, sang pelatih belum bisa membuat MU berbuat banyak di Liga Primer dan Eropa.

Beralih ke Chelsea. Manajemen the Blues membuat keputusan mengagetkan dengan memecat Mauricio Pochettino.

Pochettino ditendang ketika London Biru mulai menancapkan tajinya. Beredar kabar, pemilik klub, Todd Boehley tidak menyukai sang arsitek.

Berlanjut ke Brighton, pelatih Roberto De Zerbi meninggalkan the Seagulls. Alhasil manajemen bergerak mencari pengganti pria Italia itu.

Berbagai situasi di atas membuat nama McKenna mendapat perhatian. Pasalnya ia diminati MU, Chelsea, dan Brighton. 

Namun pihak klub siap menjaga sang pelatih dari kejaran pihak lain. Ada pembicaraan di level atas. Diskusi melibatkan pemegang saham mayoritas Ipswich Town, Ed Schwartz, CEO klub Mark Ashton, dan McKenna sendiri.

"Sekarang spekulasi seputar masa depan bos Ipswich akan berakhir, karena McKenna siap memperpanjang masa tugasnya di Portman Road," demikian laporan yang dikutip dari Sky Sports, Selasa (28/5/2024).

Ini bisa memberikan dorongan semangat untuk anak asuhnya. The Tractor Boys sudah menyatu dengan pendekatan McKenna. Rapor sang arsitek terlihat  positif.

Ipswich Town menunjuk McKenna menjadi pelatih pada 2021 lalu. Pada musim 2022/23 ia memimpin tim tersebut finis di peringkat kedua League One. Otomatis mereka bermain di Championship pada musim 2023/24.

Hanya semusim, ia langsung membawa Sam Morsy dan rekan-rekan ke kasta teratas. Pada musim 2024/25 nanti, Ipswich bertarung di Liga Primer. The Tractor Boys kembali ke habitat lamanya.

Butuh 22 tahun bagi Ipswich, klub tradisional di Inggris, untuk balik lagi ke Liga Primer. 

Di Indonesia, nama Ipswich akrab bagi pecinta sepak bola saat ini. Sebab, penggawa tim nasional Indonesia Elkan Baggott berstatus bek Ipswich. Elkan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Palang pintu 21 tahun itu pda musim 2023/2024 'bersekolah' di Bristol Rovers.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement