Kamis 09 Feb 2023 00:26 WIB

Sejumlah Aspek yang Dapat Jadi Pertimbangan PSG untuk Tetap Pertahankan Sergio Ramos

PSG melihat tren peningkatan performa Ramos pada musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek Paris Saint-Germain (PSG), Sergio Ramos.
Foto: AP/Ariel Schalit
Bek Paris Saint-Germain (PSG), Sergio Ramos.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Kontrak Sergio Ramos bersama Paris Saint-Germain (PSG) akan berakhir pada 30 Juni 2023 atau pada akhir musim ini. Manajemen Les Parissiens dikabarkan belum memiliki rencana untuk menawarkan perpanjangan kontrak buat bek tengah berusia 36 tahun tersebut.

Kendati begitu, ada sejumlah aspek yang dianggap bisa menjadi bahan pertimbangan manajemen PSG untuk mempertahankan bek tengah asal Spanyol tersebut via tawaran kontrak anyar. Mulai dari kedekatan hubungan dengan sejumlah pemain bintang PSG, hingga tren peningkatan performa Ramos pada musim ini.

Baca Juga

Berdasarkan lansiran RMC Sport, Ramos diketahui memiliki hubungan baik dan dapat bekerja sama apik dengan dua pemain bintang PSG, Kylian Mbappe dan Neymar. Pun dengan hubungan antara mantan bek tengah Real Madrid tersebut dengan eks bintang Barcelona, Lionel Messi.

''Hubungan dia (Ramos) dengan Lionel Messi, yang sempat menjadi rivalnya lebih dari satu dekade di laga El Clasico, juga cukup cair. Peran dia di ruang ganti pemain PSG tidak dapat dikesampingkan dan Christophe Galtier (pelatih PSG) menilai kehadirannya cukup penting,'' tulis laporan RMC Sport, Rabu (8/2/2023).

Tidak hanya itu, meski berstatus sebagai salah satu pemain bintang di tim utama, Ramos juga diklaim tidak menjaga jarak dengan para pemain muda Les Parissiens. Tidak seperti pemain bintang lain di skuad Les Parissiens, mantan bek tengah Sevilla itu tidak ragu untuk berbincang dan berinteraksi dengan para pemain muda.

Interaksi ini dianggap penting untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri dan mentalitas bertanding para penggawa muda klub asal Ibu Kota Prancis tersebut. ''Para pemain muda tahu, mereka bisa meminta saran dan nasihat dari mantan kapten Real Madrid tersebut,'' lanjut laporan RMC tersebut.

Performa Ramos pada musim keduanya memperkuat Les Parissiens juga dapat menjadi bahan pertimbangan manajemen klub. Berbeda pada musim lalu, saat hanya tampil di 13 laga lantaran dibekap serangkaian cedera betis, Ramos tampil jauh lebih baik pada musim ini.

Ramos tercatat telah merumput di 28 laga dan menyumbang satu gol serta satu assist pada musim ini. Secara khusus, Ramos tampil sebagai starter di 18 laga dari 19 penampilan dalam 22 partai yang telah dilakoni Les Parissiens di pentas Ligue 1 Prancis musim ini.

Ramos secara perlahan dianggap mulai kembali menunjukkan performa terbaiknya. ''Apabila tren performa ini bisa dilanjutkan Ramos, maka bukan tidak mungkin, manajemen PSG berniat mempertahankan Ramos dengan menawarkan kontrak baru buat dirinya,'' lanjut laporan RMC itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement