Selasa 10 Aug 2010 05:11 WIB

Wow, Real Madrid Habiskan Rp 12 Triliun untuk Belanja Pemain

Real Madrid
Real Madrid

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID--Jika ditanya klub mana di kolong jagat yang paling royal belanja pemain dalam sepuluh tahun terakhir? Jawabannya adalah Real Madrid. Ini terkuak ke publik setelah Tribalfootball melaporkannya, Senin (9/8).

Real Madrid sudah menghabiskan lebih dari satu miliar euro atau sekitar Rp 12 triliun untuk mendatangkan pemain baru dalam satu dekade terakhir. Nilai tersebut jauh lebih besar dari yang ditorehkan Barcelona dengan hanya membelanjakan dana mereka hingga 713 juta euro.

Adapun pembelian terbesarMadrid ada pada tiga pemain, yakni Cristiano Ronaldo dengan nilai mencapai 96 juta euro dari Manchester United, Zinedine Zidane dengan 72 juta euro dari Juventus, dan Kaka dengan 64 juta euro dari AC Milan.

Musim panas lalu, Madrid menorehkan catatan rekor tersendiri dengan menghabiskan dana hingga 264 juta euro untuk belanja pemain. Rekor ini kemungkinan akan dipecahkan Manchester City yang dalam tiga tahun terakhir sudah menghamburkan dana belanja mereka lebih dari 400 juta euro.

Tapi, belanja besar-besaran tak berbanding lurus dengan prestasi. Baik Madrid maupun City belum mampu mencapai hasil spektakuler seperti yang diperoleh Barcelona, Manchester United, dan Inter Milan, dalam satu dekade terakhir.

sumber : Goal.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement