Senin 30 Aug 2010 19:05 WIB

Diwarnai Sejumlah Insiden, Hamilton Geser Webber

Lewis Hamilton
Lewis Hamilton

REPUBLIKA.CO.ID, SPA FRANCORCHAMPS--Pembalap McLaren, Lewis Hamilton, memenangi perlombaan menegangkan di Grand Prix Belgia. Hasil ini membuatnya menggeser posisi pembalap Red Bull, Mark Webber, di puncak klasemen sementara balap mobil F1, Ahad malam (29/8).

Kemenangan Hamilton itu membuatnya terpaut tiga poin dengan pembalap urutan kedua, Webber, di daftar urutan klasemen pembalap dengan sisa enam putaran lagi musim ini.

"Ini merupakan akhir minggu hebat, balapan amat menantang dan keras," kata pembalap dari Inggris itu.

Kemenangan itu, merupakan yang ketiga musim ini bagi Hamilton, berbanding terbalik dengan rekan setimnya penyandang gelar juara dunia Jenson Button.

Button, melaju di belakang Hamilton di atas McLaren di lintasan kencang itu. Ia disenggol pembalap muda dari Jerman rekan Webber dan saingannya, Sebastian Vettel, pada putaran ke-17 dari 44 yang harus diselesaikan para pebalap.

Vettel mendapat hukuman karena menyebabkan terjadi kecelakaan dan ia melakukannya lagi dengan pembalap Force India Vitantonio Liuzzi dan mengalami pecah ban sebelah kiri. Pembalap Jerman itu akhirnya berada di urutan ke-15 dan tidak mendapat poin untuk ketiga kalinya tahun ini.

Webber, juara empat dari 13 balapan musim ini, berada di posisi pole tetapi mengawali lomba dengan amat mengerikan di lintasan Spa sehingga mobil pengaman terpaksa keluar dua kali. "Lewis pantas mendapatkan kemenangannya, ia melakukan kerjanya dengan baik," komentar Webber, pembalap dari Australia itu.

Pembalap dari Polandia, Robert Kubica, berada di urutan ketiga untuk Renault, kehilangan waktu semenit karena kesalahan memasuki pemberhentian pit (pit stop).

Hamilton mengantongi nilai 182 poin, disusul Webber 179, dan Vettel 151, dan Button 147.

"Saya kira saya melakukan kerja saya dengan baik dan jujur. Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan Sebastian," kata Button mengomentari insiden yang dialaminya.

Pembalap Ferrari Fernando Alonso, berada di urutan kelima dalam daftar klasemen, mundur setelah mengalami insiden. Ia bersenggolan dengan pebalap Brasil Rubens Barrichello pada putaran pertama sehingga tidak melanjutkan perlombaan dan posisinya berada di urutan ke-20.

Barrichello tidak menyelesaikan satu putaran pada perlombaan yang sudah dilakukannya 300 kali. Pembalap dari Brasil Felipe Massa berada di urutan keempat untuk Ferrari, berada di depan pembalap Jermany Adrian Sutil dari Force India.

Juara dunia tujuh kali Michael Schumacher, yang menggali lomba dari urutan ke-21, setelah mendapat penalti karena mengalami insiden dengan Barrichello pada balapan sebelumnya di Hungaria, mengakhiri lomba di urutan ketujuh di sirkuit favoritnya itu.

Pembalap berusia 41 tahun mantan jagoan dari tim Ferrari bersentuhan dengan rekan setimnya dari Mercedes, Nico Rosberg, sebelum pebalap muda dari Jerman itu menempati urutan keenam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement